Beranda Headline Karena Tidak Terawat, Kampung Budaya Mau Dibangun Lagi

Karena Tidak Terawat, Kampung Budaya Mau Dibangun Lagi

TVBERITA.CO.ID –¬†Menelan biaya pemeliharaan hingga puluhan juta rupiah setiap tahunnya, Kampung Budaya Karawang yang telah diresmikan dan dibuka untuk umum oleh pemerintah daerah Kabupaten Karawang sejak tahun 2014 lalu, hingga kini kondisinya justru semakin memprihatinkan dan tidak terurus.

Oleh karenanya, di tahun 2021 mendatang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang akan membangun kembali Kampung Budaya dan memanfaatkannya menjadi salah satu destinasi wisata Karawang yang diminati wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

“Kampung Budaya itu anggaran pemeliharaannya oleh APBD setahun bisa sampai kurang lebih Rp 50 juta. Kita bayarkan kepada pihak ke tiga yang mengelola di sana, tapi hanya dengan 4 orang pekerja saja sementara luas Kampung Budaya hingga hektaran, tentunya tidak heran jika kondisinya seperti sekarang ini,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan kepada TV Berita, Senin (13/7).

“Untuk itu saya mengusulkan pada saat berdiskusi dengan pak Sekda, ingin membangun kembali Kampung Budaya, di swakelolakan kepada pihak ketiga dengan sistem bagi hasil. Konsepnya seperti apa? Nanti pihak ketiga inilah yang akan melakukan paparan tapi tetap kebijakannya ada di bupati,” ungkapnya lagi.

Lebih lanjut Yudi menuturkan, di anggaran perubahan tahun 2020 ini pihaknya akan segera membuatkan Detail Engineering Design (DED)-nya, dan mengundang beberapa investor untuk mempresentasikannya dengan tema tetap mengedepankan budaya Karawang.

Yudi juga memprediksi, pembangunan kembali Kampung Budaya ini menurutnya akan menelan biaya yang tidak sedikit. Karena memang kondisinya saat ini sudah sangat memprihatinkan dan tidak terurus sama sekali.

“Secepatnya kita akan buatkan DED-nya, Sehingga di tahun 2021 esok, Kampung Budaya dan Rumah Galeri dapat segera dibuka, Insya Allah. Ya tentunya jika pandemi Covid-19 ini sudah berlalu,” harap Yudi. (nna/fzy)