Beranda News Kejaksaan Purwakarta Siap Awasi Anggaran Covid-19

Kejaksaan Purwakarta Siap Awasi Anggaran Covid-19

TVBERITA.CO.ID, PURWAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah untuk melakukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus terpadu, sinergi antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, termaksud Pengadaan Barang dan Jasa.

Kejaksaan Negeri Kabupaten Purwakarta menyatakan siap membantu Pemerintah Kabupaten setempat untuk melakukan pengawasan dalam penggunaan anggaran penanganan Virus Corona.

“Kejaksaan Negeri Purwakarta akan proaktif melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran tersebut,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Purwakarta, Andin Adyaksantoro, melalui, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Dodi Wiraatmaja, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/4/).

Dodi menuturkan, pengawasan yang dilakukan guna mewujudkan harapan pemerintah untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19, untuk menghindari adanya oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang mengambil keuntungan pribadi atau golongan dalam situasi pandemi Covid-19.

Pemerintah saat ini, fokus dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa guna memutuskan mata rantai penyebaran virus di Indonesia.

“Untuk memudahkan para pihak menindaklanjuti Instruksi Presiden tersebut, nanti kami bersama pihak terkait akan memberikan masukan dan penjelasan sederhana untuk pengadaan barang dan jasa, dalam rangka penanganan keadaan darurat berdasarkan Pasal 59 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Peraturan LKPP Nomor 13 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Penanganan Keadaan Darurat,” ujarnya.

Ditambahkan pengawasan yang dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dari Kejaksaan Agung. Dalam SE tersebut pihak kejaksaan dituntut untuk lebih berperan aktif dan harus mampu terlibat sepenuhnya, serta turut menciptakan kondisi yang mendukung melalui pendampingan terhadap kebijakan yang akan dan telah dilakukan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/ BUMN/BUMD terkait pelaksanaan Instruksi Presiden dimaksud.

“Kita juga mengajak semua komponen masyarakat, untuk bisa sama-sama mendukung dan mengawasi penggunaan anggaran tersebut,” ujar Dodi.

Terkait besaran anggaran dalam penanganan Covid-19 yang disiapkan oleh Pemkab Purwakarta, Dodi hanya menjawab belum mengetahui angka pasti.

“Kejari belum mengetahui nilai anggaran yang dialokasikan dari Pemkab, silahkan saja media menanyakan ke Pemkab Purwakarta,” pungkasnya. (trg/fzy)