Beranda Headline Kemenag Karawang Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

Kemenag Karawang Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat terus melakukan pembenahan administrasi tanah wakaf. Sedikitnya 4.765 hektar tanah wakaf, namun baru sekitar 2.000 hektar tanah wakaf yang berhasil disertifikasi.

“Potensi lahan wakaf di Jawa Barat ini sangat besar. Saat ini ada 4.765 hektar tanah wakaf, yang tersebar di 60 ribu bidang. Tetapi yang baru tersertifikat itu sekitar 30 ribu bidang atau hanya sekitar 2.000 hektar,” ungkap Kabag TU Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, Ahmad Handiman Romdhoni, usai membuka meeting forum mutasi dan perubahan status tukar menukar harta benda wakaf di Kantor Kemenag Karawang, Jumat (25/10).

Romdhoni menegaskan, sertifikasi tanah wakaf sangatlah penting untuk menghindari gugatan hukum dari ahli waris. “Banyak sesepuh sebelumnya yang mewakafkan lahannya namun hanya bermodalkan kepercayaan tetapi minim administrasi. Tetapi setelah pewakaf itu meninggal, terkadang ahli waris ini menggugat. Kita ingin menghindari itu, kita akui banyak gugatan dan kita kalah,” katanya.

Proses administrasi tanah wakaf sangatlah mudah, lanjut Romdhoni, masyarakat hanya tinggal datang ke Kantor Urusan Agama (KAU), kemudian untuk proses di BPNnya pasti akan dibantu oleh Kemenag, karena pihaknya memiliki tim yang di dalamnya termasuk Kejaksaan.

“Tinggal datang ke KUA, proses dan persyaratannya sudah lengkap. Di BPNnya pun cukup mudah karena ada tim kita,” katanya.

Romdhoni mengungkapkan, potensi peningkatan tanah wakaf di Karawang sangat besar, hal tersebut dilihat Karawang yang masuk dalam proyek rencana tata ruang nasional.

“Ada proyek jalan tol, kereta api cepat dan sejumlah proyek lainnya. Ini yang menjadi potensi besar peningkatan wakaf juga di Karawang,” kata dia.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Karawang, Sopian mengatakan, di Karawang sendiri saat ini terdapat 5.400 bidang tanah wakaf. Peningkatan setiap tahunnya sekitar tiga persen.

Untuk strategi administrasi tanah wakaf, pihaknya akan melakukan usaha rumah ke rumah untuk melakukan sosialisasi kepada ahli waris tanah wakaf untuk melengkapi administrasi. (kb)