Beranda Bandung KNPI Jabar Dorong UU Pemberdayaan UKM dan Koperasi

KNPI Jabar Dorong UU Pemberdayaan UKM dan Koperasi

Azhar Sukmawan, Wakil ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat bidang Pemberdayaan & Pengembangan UKM Pemuda.

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID – Wakil ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat bidang Pemberdayaan & Pengembangan UKM Pemuda, Azhar Sukmawan, mengapresiasi ditunjuknya Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi & UKM. Teten dinilai mempunyai kapasitas di bidang ekonomi kecil.

 

“Ya beliau cukup mengerti terkait persoalan ekonomi rakyat, dan mudah-mudahan beliau mampu menjalankan amanah itu,” katanya.

Azhar berharap, Menteri Koperasi dan UKM bisa melakukan terobosan-terobosan terkait ekonomi kecil, khususnya di Jawa Barat. Menurut data BPS tahun 2018, Jawa Barat mempunyai hampir 50 ribu koperasi yang terdiri dari Koperasi, KUD, dan Non KUD, serta ribuan Usaha kecil.

“Sekiranya pak menteri bisa melihat Jawa Barat sebagai salah satu potensi pertumbuhan ekonomi, maka perlu prioritas untuk melakukan pemberdayaan dan peningkatan kualitas produksi dan kemampuannya,” katanya.

Lanjut Azhar, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian menteri. Pertama, koperasi dan UKM harus menjadi basis modal sosial yang memupuk tradisi solidaritas, kerjasama, swadaya, dan gotong royong, dan yang kedua, harus hadir sebagai penggerak ekonomi lokal yang mampu menjalankan fungsi distribusi pelayanan dasar kepada masyarakat.

Tentunya, sambung Azhar, semua itu harus dipertegas dengan payung hukum yang kuat serta program-program yang langsung menyentuh penggerak ekonomi. Misalnya kementrian mengusulkan UU Pemberdayaan UKM dan Koperasi, serta membuat program semacam Inkubator bisnis, supaya bisa meningkatkan produksi, dan menjadi salah satu sektor perekonomian untuk menunjang pertumbuhan Negara.

“Mudah-mudahan pak menteri bisa bersinergis dengan para pegiat ekonomi kecil di Jawa Barat,” pungkasnya. (kb)

Artikel sebelumnyaBupati Cellica Dapat Penghargaan Lencana Jasa Bhakti Darma
Artikel selanjutnyaPeringati Hari Dharma Karyadhika, Lapas Karawang Gelar Bakti Sosial