Beranda Bekasi Kontribusi Bruto Rp 3,7 Triliun, Prudential Indonesia Tetap Pimpin Industri Asuransi Jiwa...

Kontribusi Bruto Rp 3,7 Triliun, Prudential Indonesia Tetap Pimpin Industri Asuransi Jiwa Syariah

TVBERITA.CO.ID, KOTA BEKASI – PT Prudential Life Assurance Prudential Indonesia melaporkan kinerja unit syariah yang sehat di sepanjang 2019, sekaligus menegaskan kembali kepemimpinannya di industri asuransi jiwa syariah melalui pendapatan kontribusi bruto sebesar Rp 3,7 triliun, tertinggi di industri.

Satu unit syariah Prudential Indonesia juga mampu mempertahankan total aset yang stabil sebesar Rp 9,1 triliun. Selain itu, Dana Tabarru tercatat meningkat dari Rp 770 miliar di 2018 menjadi Rp 887 miliar di 2019, dengan pertumbuhan mencapai 15%.

“Perusahaan juga tetap mempertahankan tingkat solvabilitas (Risk Based Capital), yang kuat dengan mencatatkan tingkat solvabilitas dari dana tabarru sebesar 2.581%, lebih dari 20 kali lipat dari batas minimum yang ditetapkan regulator, dan tingkat solvabilitas dari dana perusahaan sebesar 7.300%,” ungkap President Director Prudential Indonesia, Jens Reish, Rabu (20/5/20).

Lebih dari 60 kali lipat dari batas minimum yang ditetapkan regulator. Hasil positif ini berhasil dicapai berkat kepercayaan nasabah yang terus meningkat dalam 13 tahun terakhir, serta berkat kerja keras para tenaga pemasar berlisensi syariah Prudential Indonesia yang berjumlah lebih dari 114.000 orang, terbesar di industri-industri.

“Indonesia berpotensi untuk menjadi pemimpin ekonomi syariah global, dengan jumlah populasi muslim yang merupakan salah satu terbesar di dunia dan didukung oleh kesamaan beberapa nilai syariah dengan nilai kehidupan budaya orang Indonesia,” jelas Jens.

Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, sejak 13 tahun lalu Prudencial mendirikan unit syariah dan terus berupaya menjadi kontributor terkemuka yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia.

“Dalam mewujudkan aspirasi tersebut, kami menerapkan prinsip “Sharia for all” atau “Syariah untuk Semua” dan menghadirkan produk asuransi jiwa syariah dapat diterima oleh banyak lapisan masyarakat Indonesia.”

“Senantiasa melakukan inovasi produk dan saluran pemasaran, edukasi ke publik yang lebih luas melalui kemitraan dengan lebih banyak pihak, serta meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas tenaga
pemasar,” tuturnya.

Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment
Director Prudential Indonesia mengatakan, Prinsip-prinsip asuransi syariah, di antaranya tolong menolong dan saling berderma untuk saling berbagi dan menanggung risiko sebagai antisipasi bila terjadi musibah, senantiasa relevan dengan ciri gotong royong khas masyarakat Indonesia.

“Dan kami berharap, prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan untuk membantu mereka yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Di Prudential sendiri. Kontribusi kami untuk membantu masyarakat berfokus pada 3 aspek, yaitu kesehatan, ekonomi, dan sosial.”

“Untuk aspek kesehatan, misalnya, kami tetap memberikan perlindungan meskipun COVID-19 telah berstatus pandemi global dan bencana nasional,” bebernya. (ais/fzy)