Beranda Bekasi Koperasi Kota Bekasi Diandalkan Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

Koperasi Kota Bekasi Diandalkan Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

TVBERITA.CO.ID – Dalam peringatan hari Koperasi ke-73, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan, Koperasi Simpan Pinjam saat ini peranannya sangat penting untuk memberikan pemodalan bagi UMKM di era Now Normal Covid-19, sehingga koperasi menjadi salah satu solusi terbaik untuk membangkitkan perekonomian para pelaku UMKM di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bekasi Anim Imamuddin menyebutkan, banyak hal yang bisa dipelajari dari dampak Covid-19 terhadap perekonomian, khususnya koperasi.

“Saya kira dengan adanya pandemi, efek bencana tersebut sangat berdampak buruk pada perekonomian secara global, baik untuk sektor koperasi, politik, budaya, dan lain-lainnya. Apa lagi terhadap koperasi yang notabenenya semua bergerak di bidang ekonomi. Kalau tadinya koperasi punya binaan meminjamkan uang kepada para pelaku usaha restoran-restoran, UMKM, dan pasar tradiosional di Kota Bekasi, namun saat PSBB berlangsung, semua restoran, pusat perbelanjaan tutup selama tiga bulan. Ini juga sangat memperngaruhi pinjaman di koperasi ke pasar tradisional, karena pedagang juga dibatasi sehingga ekonomi menjadi macet. Selain restoran, ada pelaku usaha di bidang pariwisata seperti travel itu juga tidak bergerak, karena destinasi wisatanya semua ditutup,” ungkap Anim Imammudin saat dikonfirmasi Tvberita usai ikuti apel Pagi di Plaza Kantor Walikota Bekasi, Senin (20/7/20).

Anim menambahkan, persoalan Koperasi Pasar Kranggan bisa selesai berkat bantuan relaksasi dari Kementerian Koperasi senilai Rp 2,6 miliar.

“Khusus di bidang ekonomi, semua koperasi di Kota Bekasi nyaris terhambat, sehingga kegiatan di hari koperasi ini tidak berjalan dengan baik. Semua tim koperasi melakukan gotong royong untuk saling menguatkan.” (ais/fzy)