Beranda Karawang Korwilcambidik Majalaya Setuju KBM Kembali Normal Awal Tahun Depan

Korwilcambidik Majalaya Setuju KBM Kembali Normal Awal Tahun Depan

TVBERITA.CO.ID –¬†Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat banyak sektor pembangunan, ekonomi dan lainnya terhambat. Tak terkecuali di sektor pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun mewacanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah kembali normal Januari 2021 nanti. Namun, meskipun sekolah baru kembali aktif pada awal tahun 2021, untuk tahun ajaran baru siswa, tetap akan diberlakukan pada 13 Juli 2020.

Menanggapi hal itu, Korwilcambidik Majalaya, Karawang, Empu Saepudin mengatakan pihaknya setuju akan keputusan tersebut.

“Kita sepenuhnya ikut aturan pemerintah, karena pastinya hal itu sudah berdasarkan keputusan yang matang,” terangnya.

Selama belum dapat dipastikan kapan pandemi berakhir, kata Empu, interaksi pembelajaran masih bisa dilakukan, meskipun hanya melalui video atau aplikasi daring.

“Kita perlu mempertimbangkan keselamatan para siswa, andaikan aktivitas sekolah dibuka dalam masa pandemi, yang ada terlalu berisiko,” paparnya.

“Hak hidup, hak kesehatan, baru hak pendidikan,” tambah Empu.

Meski dalam situasi yang serba terbatas ini, ia meyakini, ada hikmah di balik diliburkannya aktivitas sekolah.

“Contohnya, peran guru yang sebelumnya tak terlalu diperhitungkan, hari ini mulai dirasa penting oleh para orangtua. Banyak orangtua mengadu ke saya, kewalahan katanya mendidik anak hanya di rumah. Mereka butuh peran guru, mereka ingin sekolah aktif kembali,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap secepatnya pandemi ini hilang, sehingga pembelajaran di sekolah bisa kembali berjalan normal. “Ada yang dikhawatirkan anak jadi malas belajar, terbiasa santai di rumah. Makanya kita berdoa saja mudah-mudahan pandemi ini segera selesai,” pungkasnya. (kie/fzy)