Beranda Karawang LBH Pakar Terima Aduan Petani, Pertanyakan Bantuan Pertanian Terdampak Covid-19

LBH Pakar Terima Aduan Petani, Pertanyakan Bantuan Pertanian Terdampak Covid-19

TVBERITA.CO.ID –¬†Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Putra Amanah Karawang (Pakar) menerima aduan dari petani terkait bantuan dari pemerintah pusat untuk petani yang terdampak pandemi Covid-19. Pasalnya, klasifikasi petani penerima bantuan tersebut tidak jelas. Sehingga menimbulkan kecemburuan sosial bagi petani yang seharusnya menerima.

“Banyak petani di desa yang seharusnya menerima, tapi malah tidak kebagian. Kita pertanyakan mekanisme pendataannya dari pemerintah desa seperti apa,” kata Bahtiar, Ketua LBH Pakar, Sabtu (25/7).

Bahtiar menyontohkan di Desa Sindangmukti, Kecamatan Kutawaluya, Karawang. Di desa tersebut sejumlah petani mengeluhkan tidak menerima bantuan. Padahal sangat membutuhkan. Selain itu, LBH Pakar menerima aduan dari petani terkait adanya pemotongan bantuan untuk dibagikan ke petani lain dengan dalih pemerataan. Tapi anehnya, pemotongan tersebut hanya untuk beberapa petani.

“Jadi ada petani yang dipotong, ada yang tidak. Padahal alasannya untuk pemerataan. Kan kacau. Ini aturan darimana? Membagi-bagikan bantuan pemerintah sesuka hati,” katanya.

Pihaknya pun meminta pihak kecamatan untuk turun ke Sidangmukti terkait masalah pembagian bantuan tersebut. Supaya bisa meminimalisir gesekan dan kesalahpahaman di tengah masyarakat. Selain itu, untuk mengantisipasi masalah hukum di kemudian hari.

“Kita juga minta kades memantau aparaturnya. Karena setiap bantuan dari pemerintah pasti ada aturan hukumnya. Jangan sampai pembagian bantuan yang dipotong-potong untuk dibagikan ke yang lain tersebut bermasalah hukum di kemudian, dan kades kena dampaknya,” tegasnya. (kb1/fzy)