Beranda News Lomba Desain Batik 2020, Upaya untuk Mengenalkan Tradisi ke Anak Muda

Lomba Desain Batik 2020, Upaya untuk Mengenalkan Tradisi ke Anak Muda

TVBERITA.CO.ID – Memeperingati hari Batik Nasional setiap tanggal 2 oktober, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Koperasi dan UMKM menyelenggarakan penganugerahan pemenang lomba desain Batik Bekasi tahun 2020, bertempat di Gedung Graha Hartika Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Hadir dalam acara penganugerahan ini, Kepala Diskopumkm Kota Bekasi Abdilah, Kepala Disparbud Kota Bekasi Tedy Hafni, TWUP4 Prof Beny Tunggul, Ketua Kombas Kota Bekasi, Ketua Seniman Bekasi, serta para pengrajin batik di Kota Bekasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi Abdilah dalam sambutannya mengatakan, dalam tahap perlombaan tersebut memang tidak ditentukan temanya, namun tetap tidak keluar dari 12 pakem batik Bekasi yang sudah ditentukan Pemerintah daerah.

“Kita mencoba ide kreativitas baru yang bisa membuat 12 pakem lebih milenial, dan mempunyai desain terbaik,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi, Abdilah, Sabtu (3/10/20).

Dengan diadakan lomba ini, diharapkan ke depannya kota bekasi mampu memiliki desain terbaru dengan tampilan milenial dan bisa menjadi nilai jual yang tinggi.

“Yang paling diutamakan semua kreasi dari pemenang desain menjadi hak kepemilikan kota Bekasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Informal UMKM Kota Bekasi Dady Rachmadi menuturkan sebanyak 220 peserta dari berbagai daerah seperti Surabaya, Pekalongan, Depok, dan Karawang mengikuti serangkaian lomba secara virtual dimulai sejak tanggal 3 September 2020 hingga hari penganugerahan.

Secara keseluruhan perlombaan dibagi menjadi lima kategori yang meliputi, lomba desain batik bekasi, lomba fashion competition, photogenic, photography, dan video pendek, dengan total hadiah
Rp 9 juta Rupiah untuk 3 juara dari berbagai lomba.

Untuk tim penilai, sambung Dady, tentu secara profesional dari berbagai unsur yang memahami tentang design dan batik serta budaya.

“Untuk pendaftaran peserta kita siarkan melalui media sosial, dengan penjelasan para peserta wajib mengacu ke lima unsur seperti, Flora, Fauna, Kesejarahan, Kebudayaan, dan Warna,” bebernya. (ais/fzy)