Beranda Karawang Marak Pungutan, Sekda Akan Evaluasi Sekolah-sekolah yang Nakal

Marak Pungutan, Sekda Akan Evaluasi Sekolah-sekolah yang Nakal

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang H. Acep Jamhuri menegaskan akan melakukan evaluasi dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Karawang terkait maraknya dugaan adanya pungutan-pungutan di sekolah yang memberatkan orang tua murid.

 

“Saya nanti akan melakukan evaluasi dengan Disdik, pungutan-pungutan seperi apa yang ada di sekolah, kita kan belum tahu ya, kalau kita berkomentar karena belum tahu nanti kita takut salah,” ungkapnya.

Selain evaluasi dengan Disdikpora Kabupaten Karawang, Sekda Acep juga akan melakukan evaluasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bagaimana meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Sekarang juga ada pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan (BPK) itu arahnya bagaimana meningkatkan IPM dan kinerja di bidang pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya yang berkaitan, kita akan lakukan evaluasi sama-sama dengan BPK,” pungkasnya.

Diketahui meski pemerintah telah menetapkan aturan tegas dan kebijakan bahwa sekolah dasar negeri (SDN) dan sekolah menengah pertama negeri (SMPN) gratis alias bebas dari berbagai pungutan biaya, tetapi di Kabupaten Karawang masih ada pihak sekolah yang diduga tetap melakukan berbagai pungutan terhadap orang tua murid.

Para orang tua berharap, pihak pemerintah daerah Kabupaten Karawang bisa menyikapi permasalahan ini, dan tidak hanya menerima laporan tertulis tapi harus cek langsung ke lapangan supaya tahu fakta rill di lapangan, bahwa hal ini sebagai masalah yang memberatkan para orang tua murid. (nna/kie)