Beranda Headline Jubir TKN: Polisi Jangan Ragu Usut Kampanye Hitam Jokowi-Ma’ruf di Karawang

Jubir TKN: Polisi Jangan Ragu Usut Kampanye Hitam Jokowi-Ma’ruf di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Jubir TKN (Tim Kampanye Nasional) Jokowi-KH.Maruf Amin, Habib Muannas mendesak pihak kepolisian mengusut beredarnya video ibu-ibu berkerudung diduga sedang melakukan kampanye ‘door to door’ disalah satu kediaman warga yang menyebut dalam bahasa sunda melarang azan dan melegalkan pernikahan sejenis jika pasangan nomor urut satu menang di Pilpres 2019.

“Bila dibiarkan berita bohong dan fitnah ini niscaya akan dianggap sebagai kebenaran dan ini sangat merusak iklim demokrasi kita untuk mendorong pemilu yang jujur dan sehat,” katanya.

Caleg DPR RI Jabar VII dari Partai Solidaritas Indonesia ini juga menegaskan, berita bohong ini bukan delik aduan bisa langsung diproses pelakunya sesuai ketentuan Pasal 14 dan Pasal 15 UU No. 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman Pidana 10 Tahun Penjara sebagaimana yang menjerat kasus Ratna Sarumpaet dan adanya rasa kebencian dari pelaku juga dalam video dilarang sesuai Pasal 4 huruf b angka 2 Jo. Pasal 16 UU No. 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun penjara.

“Meskipun demikian kami siap membantu aparat kepolisian untuk mendalami kasus ini, kalau dari kami sendiri sudah membentuk tim bersama relawan dan masyarakat karena kabarnya Tempat Kejadian Perkara (TKP) di sekitaran wilayah Karawang, kebetulan ini daerah pemilihan saya, dirinya berharap kasus ini diproses dan segera ditangani agar dapat memberikan edukasi kepada publik,” katanya.

Habib Muannas juga mendesak kepada pihak kepolisian, pola kampanye kotor seperti ini sudah dikualifikasikan sebagai ‘Black Campaign’ atau kampanye hitam bukan kampaye negatif, membahayakan ditengah masyarakat karena bila jokowi menang dianggap akan melarang azan salah satunya, ini ngeri banget.

“Jadi Polri jangan ragu karena ini sesuai dengan instruksi Kapolri beberapa waktu lalu yang akan menindak tegas pelaku Black Campaign tehadap siapapun,” tandasnya.(ars/ris)

Komentar Facebook