Beranda Nasional Kesenian Cirebon Diharapkan Mampu Bersaing di Kancah Global

Kesenian Cirebon Diharapkan Mampu Bersaing di Kancah Global

CIREBON, TVBERITA.CO.ID- Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati berharap kesenian tradisional Cirebon mampu bersaing dengan kesenian global mengingat besarnya potensi yang dimiliki seniman-seniman asal Cirebon.

 

“Kesenian merupakan salah satu ikon wisata, tentu akan berdampak secara ekonomi jika terus dilestarikan dan dikembangkan,” katanya usai menghadiri Festival Teater Cirebon 5 yang mengangkat naskah karya seniman Arifin C. Noer di Gedung Kesenian Rarasantang.

Eti menuturkan kalangan seniman bila perlu membuat karya seni yang mengikuti perkembangan zaman dengan tetap memelihara seni tradisionalnya. Hal itu mungkin dibutuhkan agar tradisi dapat terpelihara dan dapat menarik masyarakat global.

“Kota Cirebon tak punya wilayah yang luas, maka aspek-aspek non-fisik seperti seni dan budaya perlu didorong agar jadi daya tarik andalan,” tuturnya.

Eti mengapresiasi diselenggarakannya Festival Teater Cirebon 5 yang mengangkat karya seniman Arifin C. Noer asal Cirebon yang diharapkan bisa menjadi inspirasi para seniman dan pecinta seni di Kota Cirebon.

“Kita patut bangga memilik seniman sekaliber Arifin C. Noer yang turut berkontribusi dalam perkembangan seni teater modern di Indonesia,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Ketua Pelaksana Festival Teater Cirebon 5, Ade Fatchullah Hisyam S. Sn mengungkapkan tujuan dari diselenggarakan FTC5 yaitu ingin mengenalkan kembali seniman Arifin C. Noer kepada masyarakat Cirebon agar menjadi inspirasi bagi kalangan seniman muda.

“Ada belasan kelompok teater dari Cirebon dan luar daerah yang akan tampil di FTC5 yang berlangsung mulai 25-29 April 2019,” pungkasnya.

Perwakilan dari keluarga (Arifin C. Noer), Jajang C. Noer mengaku kaget karya-karya Arifin C. Noer mendapat apresiasi besar dari kalangan seniman dengan diadakan pertunjukan yang mengangkat naskah-naskah karya Arifin C. Noer.

“Semoga karya Arifin C. Noer menjadi inspirasi bagi masyarakat Kota Cirebon khususnya,” tuturnya.(hms/kb)

Komentar Facebook