Beranda Nasional Kolaborasi UBP Karawang dan Timorer Purwacika Salurkan Bantuan Air Bersih di Jatilaksana

Kolaborasi UBP Karawang dan Timorer Purwacika Salurkan Bantuan Air Bersih di Jatilaksana

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Aksi kemanusian dilakukan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang bersama Komunitas mobil Timor Purwacika ke wilayah krisis air bersih di Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan, Minggu (3/10/2019).

 

Kendati curah hujan mulai turun, warga Kampung Cibeureum dan Cibarengkok Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan, masih kesulitan mendapatlan air bersih. Sedikitnya 40.000 liter air bersih dibagikan kepada warga yang masih dilanda krisis air bersih.

Bahkan, saat Bupati Karawang dan BPBD mencoba membuat sumur bor sebanyak 10 titik, tidak sedikitpun ditemukan sumber air.

Sekdes Jatilaksana, Inggid Pramudya mengatakan, sudah enam bulan terakhir warga mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau panjang.

“Padahal waktu itu di bor sedalam 150 meter, tapi tidak ada keluar air,”kata Inggid.

Inggid pun tak menampik, bantuan air bersih dari berbagai kalangan seringkali datang membantu kebutuhan warga.

“Tapi wilayah kami memang sulit mendapatkan sumber air bersih. Sumur bor tak mempan, kami coba membuat sumur galian untuk mengatasi sumber air. Itupun airnya ada jika resapan air lagi bagus,”ujarnya.

Atas dasar itu, pihak UBP yang mendapat informasi dan ajakan bakti sosial dari Timor-er Purwacika (komunitas mobil timor), langsung merespon dengan mengirimkan bantuan 4 tanki air bersih atau 40.000 liter air.

“Awalnya kami mendapat proposal ajakan kerjasama baksos air bersih dari Timorer Purwacika, dan alhamdulilah pihak Rektorat melalui LPPM ( lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat) UBP, menyetujui,” ungkap Ketua LPPM UBP Yayan Alfian M.Pd di Kantor Desa Jatilaksana.

Yayan mengatakan, pihaknya mengerahkan mahasiswanya untuk ikut serta terjun langsung ke lapangan, membagikan air bersih kepada warga. Selain merupakan sesuai dengan tri darma universitas, bakti sosial kepada masyarakat merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat.

“Harusnya mahasiswa bergerak sendiri, namun kali ini kami support dan dampingi langsung kirim air bersih ke warga Jatilaksana bersama Timorer Purwacika,”ungkapnya.

Sementara, Ketua Timorer Purwacika, Aef Muid Jabarudin, menambahkan, pihaknya mengapresiasi respon cepat pihak UBP dalam melaksanakan baksos suplai air ke Jatilaksana.

“Program kerja Timorer ternyata sejalan dengan program pihak UBP. Sehingga kami tidak kesulitan saat meminta UBP untuk bekerjasama menyalrkan bantuan air bersih kepada warga Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan,”ujar Aef.

Aef berharap, semoga krisis air bersih segera berakhir, karena curah hujan sudah mulai terpantau turun di Kecamatan Pangkalan kendati masih belum signifikan.

“Mudah mudahan apa yang kami dan UBP berikan bermanfaat untuk warga Cibarengkok dan Cibeureum Desa Jatilaksana, Kurang lebihnya kami mohon maaf,”ungkapnya.(ris)