Beranda Headline Kursi Menpora Kosong, Jokowi Pastikan Segera Reshuffle Kabinet

Kursi Menpora Kosong, Jokowi Pastikan Segera Reshuffle Kabinet

Jokowi reshuffle kabinet
Presiden Joko Widodo.

TVBERITA.CO.ID – Presiden Jokowi memastikan bakal segera melakukan reshuffle kabinet. Hal itu menyusul terjadinya kekosongan kursi menteri pemuda dan olahraga (menpora).

“Segera. Segera,” kata Jokowi di Maros, Rabu (29/3/2023).

Akan tetapi, Jokowi belum mau bicara tanggal pasti reshuffle kabinet bakal dilakukan.

Melansir CNNIndonesia, isu reshuffle kabinet berembus beberapa bulan terakhir. Awalnya, reshuffle digaungkan PDIP setelah Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Baca juga: Ngumpul di GBK, Ribuan Kades Minta Jokowi Naikkan Dana Desa 10 Persen

PDIP meminta Jokowi mencopot menteri pertanian serta menteri lingkungan hidup dan kehutanan asal NasDem. Mereka beralasan dua menteri itu tidak menunjukkan keberpihakan pada rakyat.

Setelah itu, isu reshuffle sempat mereda. Kembali berembus setelah Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan menpora sehingga ada kekosongan.

Amali sudah resmi meninggalkan kabinet. Posisi menpora dijabat sementara oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Pada saat yang sama, Partai Golkar telah mengirim tiga nama untuk menggantikan Amali.

Baca juga: Said Aqil Siradj Kritik Larangan Bukber bagi Pejabat, Mahfud MD: Terima Kasih

Tiga nama tersebut adalah Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG) Ilham Permana, Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dito Aritedjo, dan Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Golkar Puteri Komarudin.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan keputusan akhir kepada Jokowi. Ia sempat keceplosan kriteria menpora baru.

“Yang muda, perempuan, nama sudah diserahkan,” ungkap Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3).

Dia kemudian merevisi ucapannya, “Terserah Bapak Presiden. Sudah ada di kantongnya beliau,” ujarnya. (*)