Beranda Headline Proyek Bambu Besar-Akasia Bagus Pertamina EP Tunjukkan Hasil Positif

Proyek Bambu Besar-Akasia Bagus Pertamina EP Tunjukkan Hasil Positif

INDRAMAYU, TVBERITA.CO.ID– PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas utama mencari sumber minyak dan gas demi mendukung ketahanan energi nasional.

 

Melalui Bambu Besar & Akasia Bagus (BBS-ABG) Development Project, PT Pertamina EP (PEP) menunjukkan kinerja yang positif dan kembali mendapatkan hasil yang menggembirakan dari pemboran Sumur Pengembangan ABG-05.

Sumur Akasia Bagus (ABG-05) merupakan sumur pengembangan dari struktur Akasia Bagus yang terletak di Desa Jatimunggul, Kecamatan Trisi Kabupaten Indramayu. Sumur ini ditajak pada tanggal 13 Desember 2018 dan diselesaikan pada tanggal 20 Februari 2019 yang mencapai kedalaman akhir 2200 mMD dengan menggunakan Rig PDSI #38.2/D1000E.

Hasil uji produksi sumur pengembangan ABG-05 pada lapisan L Oil di formasi Cibulakan Atas dengan interval perforasi 2155–2165 mMD secara MRT (Multi Rate Test) menghasilkan minyak 508.72 BOPD, Kadar Air 2.08%, Gas 0.081 MMSCFD. Keberhasilan pemboran ini akan mampu meningkatkan produksi minyak PT Pertamina EP.

Tahun 2019 BBS & ABG Development Project merencanakan pemboran pengembangan di Lapangan Akasia Bagus sebanyak 2 sumur, yaitu ABG-B2/(06) dan ABG-B3/(07). Adapun penambahan 1 sumur step out yang akan diselesaikan sampai tahun 2020.

Selain itu juga telah diselenggarakan syukuran dan doa bersama anak yatim piatu dalam rangka mendukung kelancaran operasi sumur, kelancaran pembuatan Stasiun Pengumpul BBS & ABG, dan keberhasilan meraih predikat juara 1 PEKA Proaktif Progresif BBS & ABG Project, Selasa (19/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Setyo Sapto Edi selaku BBS & ABG Project Manager. Beliau mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan sumur pengembangan ABG-05.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pihak, antara lain seluruh mitra, PDSI, Pemerintah, Aparat Pengamanan, dan seluruh pihak terkait lainnya”, terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Development Director Pertamina EP John H Simamora juga menjelaskan, hasil ABG-05 merupakan buah dari kerja keras dan sinergi seluruh fungsi.
“Pencapaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi negara ini”, pungkasnya.(KB)

Komentar Facebook