Beranda Nasional Untuk Pertama Kalinya, BLK Padang Buka Program Baru Perfilman dan Broadcasting

Untuk Pertama Kalinya, BLK Padang Buka Program Baru Perfilman dan Broadcasting

PADANG, TVBERITA.CO.ID – Program Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP ) Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Sumatra Barat, untuk Pertama kalinya tahun 2019 membuka Program dan Sub Kejuruan baru di BLK seluruh Indonesia, yaitu pelatihan Akting 240 Jam Pelajaran (JP), pelatihan Kru film 240 Jam Pelajaran (JP) dan Editing Video 140 Jam Pelajaran (JP).

 

“Intinya, saya mengapresiasi semua tim yang ikut serta berpartisipasi dalam pelatihan ini. Karena pelatihan ini terlaksana atas partisipasi insan perfilman PARFI SUMBAR, supaya industri kreatif ini terus berkembang di masyarakat Sumatera Barat,” ucap kepala BLK Padang,Sumatra Barat, Syamsi Hari saat dikonfirmasi Tvberita.co.id, Selasa (3/09/2019).

Lebih lanjut kata Pria yang akrap disapa Hari ini, pelatihan yang sudah berjalan sejak awal agustus 2019 ini, dibiayai oleh Kemenaker RI dari APBN tahun 2019 dengan skema biaya yang ada adalah biaya pelatihan reguler.

“Pelatihan akting, kru dan editing dengan jam pelajaran yang sudah disebutkan di atas itu membuahkan hasil film, jadi film tersebut adalah hasil para peserta. Bahkan sejak awal agustus dibuka pelatihan film ini, sudah ada 5 kru film yang diambil oleh Production House (PH) Sumatra Barat,” jelas Hari.

Di tempat yang sama, kepala Seksi Pemberdayaan BLK Padang, Syarif Hidayat menambahkan, pelatihan dengan skema memadukan pelatihan akting, kru film serta editing video langsung menggarap sebuah film layar lebar dengan mengambil lokasi syuting outdoor sebagai materi dan hasil pelatihannya.

“Jadi tugas kita dari BLK Padang, melatih mereka dari yang tidak mengetahui dunia perfilman, menjadi paham dan mengerti akan dunia Broadcasting ini,” ungkap Syarif.

Kedepannya, para peserta pelatihan ini bisa mengembangkan talentanya di dunia Broadcasting, baik itu perfilman, kru film dan editor. Karena saat ini dunia kerja yang berhubungan dengan Broadcasting sedang banyak digandrungi oleh anak muda milenial yang kreatif dan inovatif.

“Selain dunia kerja entertainment dan broadcasting, mereka bisa juga membuat komunitas Broadcast, presenter, MC dan kreatifitas lainnya, karena didalam pelatihan ini, mereka sudah terbiasa melakukan interaksi dan aktivitas diruang publik,” tuturnya.

Bahkan, saat ini BLK Padang yang beralamat di Jalan Sei Balang Bandar Buat, Lubuk Kilangan, Kota Padang masih memberikan kesempatan untuk anak-anak muda yang ingin berlatih film. Adapun persyaratan Pendaftaran nya: Laki-laki/Perempuan, minimal 15 Tahun, membawa Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“BLK Padang masih membuka Pendaftaran tahun 2019, dilaksanakan tanggal 12 dan 13 setiap bulannya, dan masih memberikan kesempatan bagi anak muda padang yang ingin bekerja didunia perfiliman, serta Broudcasting,” bebernya. (ais/kie)

Komentar Facebook