Beranda Nasional Wali Kota Cirebon Ajak Warganya Mencintai Makanan Daerahnya

Wali Kota Cirebon Ajak Warganya Mencintai Makanan Daerahnya

CIREBON, TVBERITA.CO.ID- Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH mengajak masyarakat Cirebon untuk mencintai makanan daerahnya. Hal ini untuk menggairahkan produk-produk makanan lokal dan keanekaragaman makanan di Kota Cirebon semakin berkembang.

 

Demikian diungkapkan Azis usai membuka Festival Keanekaragaman Makanan Etnik Berbahan Ikan Patin dan Pameran Produk IKM Kota Cirebon 2018 di Halaman depan Living Plaza Cirebon, Kamis (2/5). Azis mengatakan mencintai makanan lokal ikut mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sedang berkembang.

“Saya mengajak agar masyarakat Kota Cirebon harus mencintai makanan daerahnya. Bahkan, kita harus mengajak warga kota lain untuk menikmati kuliner Kota Cirebon yang sangat beragam dan nikmat,” ungkap Azis.

Azis menambahkan kegiatan festival makanan etnik dengan bahan ikan patin sangat tepat dilaksanakan karena Kota Cirebon daerah pantai. Tentu produksi ikan sangat melimpah sehingga dapat dibuat dengan berbagai kreasi makanan.

“Yang tidak kalah menarik ikan itu memiliki kandungan nutrisi tinggi yang banyak dibutuhkan oleh otak manusia. Di negara maju ikan merupakan komiditi paling utama dan banyak dicari karena kandungan nutrisinya,” kata Azis.

Tampak sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) berbahan dasar ikan patin diperlihatkan dalam festival tersebut. Wali Kota Cirebon sempat berkeliling melihat hasil olahan makanan berbahan dasar ikan patin tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Cirebon, Ir. Yati Rohayati mengatakan festival dilaksanakan untuk meningkatkan gemar makan ikan. Ikan patin yang dilombakan merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan dan produksinya sangat melimpah. Sehingga IKM dapat memanfaatkan untuk membuat berbagai jenis makanan.

“Kita sosialisasikan jika ikan patin dapat dimasak dengan berbagai macam hasil olahan seperti makanan utama, pukis, sus dan lainnya,” tandasnya.(hms/kb)

Komentar Facebook