Beranda Headline Gaduh soal Status Atlet Andriani, Wabup Aep Tegur KONI Karawang

Gaduh soal Status Atlet Andriani, Wabup Aep Tegur KONI Karawang

Wabup Karawang atlet Andriani
Wabup Karawang, Aep Syaepuloh menerima kehadiran Andriani, atlet kriket yang sukses meraih medali emas dan perak di SEA Games 2023 Kamboja. (Foto/istimewa)

KARAWANG – Wakil Bupati (Wabup) Karawang, Aep Syaepuloh menegur lemahnya kinerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang dalam inventarisasi atlet asli Karawang yang mentas di ajang internasional.

Hal itu menyusul status Andriani, peraih emas dan perak SEA Games 2023 yang rupanya tercatat sebagai atlet Kabupaten Bogor, bukan Karawang.

“Untuk KONI Karawang, kami meminta untuk mendata kembali siapa saja atlet atlet Karawang yang memiliki kiprah di segala ajang, salah satunya Sea Games 2023 kemarin agar bisa kami apresiasi,” jelas Aep usai bertemu Andriani di Pemkab Karawang, Senin (22/5/2023).

Kepadanya, Andriani juga sempat mengklarifikasi soal keterlibatanya sebagai atlet dari Kabupaten Bogor.

Baca juga: Disebut Tercatat Jadi Atlet Bogor, Andriani Membantah: Saya Pengen Balik ke Karawang, tapi Sulit

“Andriani mengaku memang pernah melaksanakan pengembangan (latihan) di Kabupaten Bogor di tahun 2019. Hanya sebatas itu. Ia tidak pernah menjadi perwakilan atlet Bogor dalam even even daerah ataupun nasional,” katanya.

Aep menegaskan, KONI harus memiliki bank data siapa saja dan berapa banyak atlet Karawang yang berprestasi, baik di level nasional maupun internasional. Sehingga tidak dianggap kecolongan.

“Pemkab tidak akan mengabaikan generasi generasi terbaik Karawang yang memang berbakat dan berprestasi,” tegasnya.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karawang mengungkapkan, Andriani atlet kriket peraih emas SEA Games 2023 Kamboja bukan terdaftar sebagai atlet Karawang, melainkan Kabupaten Bogor.

Baca juga: KONI: Andriani Peraih Emas SEA Games 2023 Bukan Atlet Karawang, tapi Kabupaten Bogor

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KONI Karawang, Nanan Taryana kepada awak media di Kantor KONI Karawang pada Senin, 22 Mei 2023.

Dari hasil penelusurannya, sejak awal cabang olahraga (cabor) kriket dibentuk di Karawang, Andriani belum pernah bergabung dan memperkuat tim kriket Karawang dalam event atau kejuaraan apapun, termasuk Porprov.

Kendati demikian, Nanan mengaku bangga dengan torehan prestasi Ani, sapaan akrab Andriani yang turut berkontribusi dalam perhelatan SEA Games.

“Ani sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional sekaligus mengantarkan Indonesia finish di posisi tiga klasemen akhir SEA Games dengan torehan 87 emas, 80 perak, 109 perunggu,” paparnya. (*)