Beranda Karawang Optimalkan Layanan, Bapenda Integrasikan Pembayaran Pajak Melalui Sistem Online

Optimalkan Layanan, Bapenda Integrasikan Pembayaran Pajak Melalui Sistem Online

 

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pajak dan retribusi. Juga mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, lewat berbagai inovasi yang tujuan akhirnya adalah mempermudah masyarakat.

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karawang mengintegrasikan pajak daerah melalui sistem online dan real time.

Bekerja sama dengan Bank Jabar Banten ( BJB), Bapenda menunjuk Indomart, Alfamart, Bukalapak, Tokopedia dan PT. Pos Indonesia sebagai channeling BJB yang dapat menerima pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Kepada Tvberita.co.id, Sabtu (14/9), Sekretaris Bapeda Kabupaten Karawang, Opa Mustopa, menjelaskan sebagai tahap awal dan ujicoba pihaknya telah melaksanakan sistem pembayaran pajak dan retribusi online dan realtime ini sejak 12 Agustus 2019 lalu melalui Indomaret.

Dan terhitung sampai dengan 12 September 2019 kemarin, telah terjadi 2.232 transaksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) senilai Rp 190 juta.

“Melihat hal ini, maka kami dengan pihak BJB memperluas chanelling, di antaranya dengan Alfamart, Bukalapak, Tokopedia dan PT Pos Indonesia yang peresmiannya akan di-launching pada Peringatan Hut Karawang yang ke 386 di plaza pemda karawang, hari ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Opa mengungkapkan, ditargetkan mulai awal tahun 2020 mendatang, semua channeling tersebut sudah bisa menerima seluruh pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Dan, Selain membuka channeling, Bapenda juga mendorong BJB untuk mengembangkan layanan M-Banking melalui BJB-DIGI, lanjutnya, yang saat ini sedang diuji coba.

“Ditargetkan Oktober paling lambat, November 2019 ini sudah bisa running,” kata Opa.

Menurut Opa, Bapenda bertujuan untuk mempermudah masyarakat khususnya wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak/retribusi daerah sebagai wujud komitmen Bapenda dalam mewujudkan pengelolaan pajak daerah yang mudah, transparan dan akuntabel. (nna/kie)

Komentar Facebook