Beranda News Papmiso Karawang Sosialisasikan Undang-Undang 33 Tahun 2014

Papmiso Karawang Sosialisasikan Undang-Undang 33 Tahun 2014

TVBERITA.CO.ID – Papmiso (Perhimpunan Pedagang Mi dan Bakso) Kabupaten Karawang melakukan sosialisasi regulasi Undang-Undang 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal.

“Saat ini pemerintah kita sedang berupaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan sertifikasi halal, sehingga Jaminan Produk Halal (JPH) ini nantinya dapat berimplikasi mendukung percepatan ekonomi termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” kata Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Farul Rozi setelah memberikan pemaparan sosialisasi ke pengurus dan anggota Papmiso.

Untuk memudahkan sertifikasi halal bagi produk UMKM yang jumlahnya begitu besar dan tersebar di tanah air, pihaknya telah membentuk satuan tugas layanan sertifikasi halal di 34 provinsi.

“Kita sudah memiliki satgas halal, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pengusaha UMKM mendapatkan sertifikat halal,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengatakan, pemerintah sangat bertanggung jawab atas kehalalan setiap produk yang dihasilkan dari pelaku usaha yang berada di Indonesia. Sesuai dengan hal tersebut, maka dibuatlah regulasi UU nomor 33 Tahun 2014 yang mengatur tentang JPH.

Ia berharap seluruh pelaku usaha bisa mengurus sertifikasi halal dan izin edar dari setiap produk yang dihasilkan. Hal ini disebabkan karena pada Regulasi Pasal 3 UU JPH menegaskan bahwa penyelenggaraan JPH adalah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk.

“Hal itu juga dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Papmiso Karawang, Supriyadi atau yang akrab disapa mas Pri ini dalam pertemuan kepada wartawan di akhir kegiatan Sosialisasi UU 33 Tahun 2014 menambahkan, bahwa tujuan diadakannya agenda sosialisasi ini karena ia ingin para pelaku usaha di Karawang khususnya yang tergabung dalam Papmiso Karawang bisa mendapatkan pencerahan ilmu terkait dengan pengurusan sertifikasi halal.

Selain itu ia juga mengatakan, semua yang telah disampaikan oleh tim BPJPH Jakarta ini ia rasa sudah cukup dan tidak memberatkan para pelaku usaha dalam pengurusan sertifikasi halal, bahkan BPJPH sudah bersedia membantu dalam pengurusannya.

“Sertifikasi halal ini sangat berguna sekali bagi kita, karena kalau kita berdagang sudah dilengkapi dengan surat-surat yang benar saya yakin usaha kita aman,” ujarnya. (paj/fzy)