Beranda Karawang Pasar Tradisional Sumurgede Disulap Jadi Pasar SNI Karawang

Pasar Tradisional Sumurgede Disulap Jadi Pasar SNI Karawang

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG –¬†Pasar tradisional Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon disulap Dinas Perdagangan, Industri dan Pertambangan Kabupaten Karawang menjadi pasar tradisional menjadi pasar rakyat memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) pertama di Karawang pada tahun 2020.

“Sebagai pilot proyek pasar tradisional Sumurgede di Cilamaya Kulon akan kita bangun pasar berstandar SNI,” kata Suroto, Jumat (29/5) di ruang kerjanya.

Dikatakan Suroto, pasar tradisional memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan yang pertama ada di Kabupaten Karawang dengan konsep lebih bersih akan mulai disulap pada tahun 2020 ini yang bersumber dari APBN melalui Kementrian Perdagangan dan Industri.

“Tahun ini juga akan kita bangun dengan konsep lebih modern dan fasilitas memadai,” tuturnya.

Lebih lanjut Suroto mengungkapkan, dengan menjadikan pasar sesuai dengan SNI, Dinas Perdagangan juga akan membangun beberapa fasilitas umum bagi para pembeli ataupun pedagang, seperti ruangan khusus untuk ibu menyusui (ruang laktasi), ruang kesehatan, dan ventilasi udara yang memadai, fasilitas penunjangnya sesuai SNI, termasuk pengelolaan saluran air yang lebih baik agar tidak becek ketika hujan turun.

“Selain sesuai standar penunjang SNI juga dengan sistem timbangan digital untuk melindungi konsumen,” jelasnya.

Hal ini menjadi program Disperindag, tegas Suroto untuk mengubah imej pasar yang kurang diminati, menjadi lebih baik. Pasar mendapat SNI jika memenuhi persyaratan, di antaranya bersih, sehat, zonasi kios, pengelola pasar yang profesional, pengelolaan sampah dan sebagainya.

“Kita secara bertahap akan mengubah imej pasar yang kotor dan kumuh,” pungkasnya. (ris/fzy)