Beranda Bekasi Pasca Bencana, WBK Kunjungi Situ Rawa Gede Kota Bekasi

Pasca Bencana, WBK Kunjungi Situ Rawa Gede Kota Bekasi

TVBERITA.CO.ID – Pasca diterjang bencana angin puting beliung Senin lalu, Komunitas Wanita Bekasi Keren (WBK) berkunjung ke Situ Rawa Gede untuk mensupport salah satu destinasi wisata yang berada di Wilayah Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

Ketua Wanita Bekasi Keren, Yuyun Rahayu beserta rombongan memasuki Situ Rawa Gede dan menuju area wisata yang banyak dihiasi tanaman.

“Saya dan romhongan melihat langsung tanaman dengan sistem aquaponik, yang juga menjadi tempat pemberdayaan dan mengedukasi SDM bagi warga setempat yang sudah tertata rapi setelah diterjang angin,” ungkap Yuyun Rahayu saat dikonfirmasi Tvberita, Jumat (30/10/20).

Yuyun telah menyampaikan maksud kedatangannya ke Situ Rawa Gede yakni untuk meninjau pengelolaan tempat wisata tersebut.

“Kami dari WBK ingin meninjau dan mempelajari lebih banyak, bagaimana pengelolaan lokasi wisata Situ Rawa Gede ini bisa tertata rapi,” ucapnya.

Ketua Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Kota Bekasi Krisdayadi menjelaskan, bahwa tanaman yang ditanam pada sistem aquaponik ini diberlakukan untuk mengontrol air yang ada di Situ Rawa Gede.

“Bahkan semua pelaku UKM yang terdapat di Situ Rawa Gede. Terdapat kurang lebih 10 UKM seperti warung-warung kecil yang menjual suvenir dan berbagai macam minuman, makanan seperti mie ayam, bakso, nasi goreng, dan makanan khan Bekasi,” jelas Krisda.

Rombongan WBK diajak menaiki kapal rakitan yang ada di Situ Rawa Gede oleh Ketua KPPL untuk lebih menikmati keindahan Situ sambil berbincang mengenai asal usul wisata Situ Rawa Gede dan memperkenalkan diri kepada semua rombongan komunitas WBK.

“Saya ucapkan terima kasih banyak sudah berkunjung ke Situ Rawa Gede,” ujarnya sambil memperlihatkan pemandangan danau yang indah.

Krisdayadi menyampaikan awal mula rawa tersebut memang sudah ada untuk warga sekitar, selain untuk peresapan air dan juga untuk bercocok tanam seperti menanam padi dan berternak.

“Banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situ untuk membuang limbah industri, dan akhirnya dikelola dan diperbaiki oleh Pemerintah setempat bersama dengan KPPL karena permintaan warga akhirnya Situ Rawa Gede ini ditata menjadi tempat wisata alam menengah ke bawah,” bebernya.

Kunjungan Komunitas WBK diharapkan dapat membantu mempromosikan serta mengembangkan tempat wisata ini agar lebih dikenal masyarakat luas di seluruh Indonesia. (ais/red)