Beranda Karawang Pekan Depan, Bansos Dana Desa Bisa Dicairkan

Pekan Depan, Bansos Dana Desa Bisa Dicairkan

TVBERITA.CO.ID – Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 dari BLT Dana Desa bisa dicairkan pekan depan. Hal itu diungkapkan Kepala (DPMD) Karawang, Agus Mulyana, Senin (15/6/2020).

Dikatakan Agus, saat ini sejumlah desa sudah menyiapkan ajuan pencairan dana desa. Dalam waktu dekat, anggaran tersebut sudah bisa dibagikan.

“BLT Dana Desa ini tiga tahap, besarannya Rp. 600 ribu per keluarga penerima manfaat. Tahap ke dua, bisa dicairkan pekan depan,” ujarnya.

DPMD Karawang juga tengah melakukan pengkajian dan evaluasi dari program BLT Dana Desa tahap 1 yang turun pada akhir Mei 2020 kemarin. Diharapkan, BLT Dana Desa tahap 2 ini bisa berjalan sepenuhnya sesuai ketentuan.

“Banyak usulan dan keluhan dari kepala desa yang kita tampung. Sebenarnya, BLT Dana Desa ini lebih fleksibel, semua tergantung kebijaksanaan pemerintah desa,” katanya.

Mantan Sekwan ini juga mengungkapkan, selama tak keluar dari ketentuan Permendes nomor 6 tahun 2020, kepala desa bisa mengelola anggaran tersebut sesuai kebutuhan masyarakatnya. Dengan catatan, tak mengurangi besaran bantuan, juga harus tepat sasaran.

“Itu yang sedang kita evaluasi. Pertanyaan bagaimana jika BLT ini dibuat bergilir? Itu bisa saja, asal sesuai regulasi,” ujar Agus.

DPMD mengimbau, agar para kepala desa di Kabupaten Karawang mematuhi aturan. Jangan sampai, ada kepala desa yang tersandung masalah hukum, karena menentang aturan.

“Yang penting semuanya harus sesuai peraturan,” singkatnya.

Seperti diketahui, sesuai instruksi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Bansos Covid-19 dari BLT Dana Desa akan diperpanjang menjadi 6 bulan. Dengan rincian, tiga bulan pertama Rp. 600 ribu per keluarga. Dan tiga bulan berikutnya Rp. 300 ribu per keluarga.

“Kita belum bicarakan soal itu. Intinya fokus dulu BLT yang Rp. 600 ribu. Kalau kepala desa sudah banyak permintaan, nanti saja, tunggu regulasinya,” pungkasnya.(ris/fzy)