Beranda Headline Pemda II Makin Rusak, Sekda: Wajar, PUPR Seharusnya Bertanggungjawab

Pemda II Makin Rusak, Sekda: Wajar, PUPR Seharusnya Bertanggungjawab

TVBERITA.CO.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri mewajarkan jika saat ini kondisi Gedung Baru Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang (Pemda II) mengalami banyak kerusakan.

Pasalnya, diungkapkan sekda Acep, gedung berlantai 5 yang dibangun Pemerintah Daerah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karawang tersebut sempat mengalami kekosongan dalam waktu yang lama.

“Hampir dua tahun Pemda II itu tidak ditempati, sehingga tidak ada biaya pemeliharaan,” kata Sekda Acep menjelaskan.

Dijelaskannya lebih lanjut, biaya pemeliharaan gedung itu baru akan dialokasikan tahun ini, karena sejak bulan Februari 2020 kemarin , gedung Pemda II sudah ditempati oleh beberapa Dinas, diantaranya yaitu, DPMPTSP, Dinas PRKP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang.

“Gedung Pemda II baru diisi tahun ini, berarti baru ada biaya pemeliharaan, selama ini ga ada,” tandasnya.

Sekda Acep menuturkan, Dinas PUPR Kabupaten Karawang yang seharusnya bertanggung jawab melakukan pemeliharan gedung megah yang berlokasi di tengah-tengah sawah tersebut. Karena ditandaskannya, Dinas PUPR lah yang melakukan pembangunan.

Namun mungkin, lanjutnya lagi, karena di tahun ini pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia khususnya Kabupaten Karawang, sehingga banyak anggaran dinas yang harus direfocusing peruntukannya. Salah satunya anggaran pemeliharaan gedung Pemda II di Dinas PUPR.

“Bagian seluruh gedung seharusnya dipelihara oleh Dinas PUPR, dan untuk pemeliharaan ruangan dikelola oleh dinas-dinas terkait yang menempati,” ungkap Sekda Acep.

“Mungkin karena anggaran tahun ini banyak di refocusing untuk Covid-19, jadi pemeliharaan gedung tersebut tidak terlalu difokuskan,” ulasnya.

Prihatin dengan kondisi gedung tersebut yang semakin parah kerusakannya, Sekda Acep berjanji akan melakukan pembahasan di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mengalokasikan anggaran perbaikan di tahun 2021 esok.

“Bertahap kita akan lakukan perbaikan, kita akan anggarkan untuk anggaran pemeliharaannya, mudah-mudahan di perubahan, kita bisa alokasikan umtuk perbaikan,” harapnya. (nna/fzy)