Beranda Headline Pemda Tidak Pernah Laporkan Data Bantuan Barang

Pemda Tidak Pernah Laporkan Data Bantuan Barang

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Anggota DPRD Karawang Fraksi PDIP, Toto Suripto meminta seluruh OPD menyetorkan data bantuan barang dari pemerintah pusat atau uang yang dibelikan barang sejak beberapa tahun ke belakang sampai saat ini. Pasalnya, sejauh ini DPRD Karawang, kata Toto, sama sekali tidak pernah diberikan laporannya oleh masing-masing OPD penerima atau penyalur bantuan.

Toto menyontohkan bantuan berupa barang seperti alat mesin pertanian (Alsinta) pada petani—kelompok tani—yang disalurkan lewat Dinas Pertania beberapa tahun lalu, juga contoh bantuan keuangan yang dibelikan barang seperti ambulans Puskesmas.

“Ambulans itu kan dibayai DAK. Tapi laporan rincinya sampai sekarang belum pernah dilaporkan ke DPRD. Sejak saya jadi ketua di periode sebelumnya pun belum pernah,” kata Toto.

Ia menuturkan, soal pelaporan bantuan barang dan keuangan yang dibelikan barang, ia dapatkan pada materi Bimtek DPRD Karawang di Bandung beberapa hari lalu. Pada kesempatan itu, kata Toto, tim dari BPK memberikan materi yang salah satu isinya DPRD berhak menanyakan atau meminta data terbaru soal bantuan barang dari pemerintah pusat atau provinsi kepada Pemkab Karawang.

“Ya, di Bimtek kemarin pembicara dari BPK membahas ini,” tutur Anggota Komisi IV DPRD Karawang ini.

Guna menindaklanjutinya, dalam waktu dekat, kata dia, bukan tidak mungkin DPRD Karawang—melalui masing-masing komisi yang ada—akan memanggil instansi mitra kerja per komisi di DPRD untuk menanyakan data terbaru bantuan-bantuan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat itu.

“Ya sepertinya DPRD sudah sakan sepakat setelah mengikuti Bimtek kemarin, akan memanggil OPD-OPD,” tukasnya. (fzy)