Beranda Headline Pemkab Karawang Tetapkan Status Tanggap Darurat Atas Peristiwa Banjir di 14 Kecamatan

Pemkab Karawang Tetapkan Status Tanggap Darurat Atas Peristiwa Banjir di 14 Kecamatan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Data terakhir yang dihimpun BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Karawang per 23-24 Februari (Minggu-Senin) 2019, sebanyak 14 Kecamatan di Kabupaten Karawang terendam banjir. Yaitu Kecamatan Kutawaluya, Jayakerta, Cilebar, Telukjambe Barat, Rengasdengklok, Tegalwaru, Pangkalan, Ciampel, Karawang Timur, Pedes, Karawang Barat, Cikampek, Telukjambe Timur, dan Cilamaya Wetan.

Tercatat, tinggi rata-rata air dari 20 sampai 120 cm. Banjir tersebut merendam 10.529 rumah.

Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin, Selasa (25/2) mengatakan, sebanyak 32.961 jiwa dari 11.212 kepala keluarga terdampak banjir.

Banjir juga membuat 9.514 jiwa dari 3.111 terpaksa mengungsi.

Baca juga: Karawang Direndam Banjir, Komisi III DPRD Sebut Banjir Kiriman Sampai SK Drainase

“Saat ini, banjir paling parah melanda Karangligar (Kecamatan Telukjambe Barat) dan Perumahan BMI (Kecamatan Cikampek),” sambung Yasin di kantornya, Selasa (25/2).

“Kami minta ke masyarakat untuk waspada karena curah hujan (sedang) besar,” kata Yasin.

Pemkab, melalui BPBD, menerjunkan seluruh personelnya dibantu PMI, Koramil, Polsek setempat, dan Pemadam Kebakaran.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Acep Jamhuri di kantor BPBD, Selasa (25/2) menuturkan, camat-camat yang daerahnya terdampak banjir parah bakal membuat dapur umum.

“Kalau kekurangan alat, kita suplai logistik,” kata Acep.

Sekda juga menuturkan, ia sudah mengumpulkan forum CSR yang terdiri dari 140 perusahaan. “Silakan kalau (mereka) mau menyumbang, bisa langsung ke posko atau ke lokasi, nanti kami fasilitasi,” tutupnya. (fzy/kie)