Beranda News Pemkab Purwakarta Gerak Cepat Tangani Corona

Pemkab Purwakarta Gerak Cepat Tangani Corona

TVBERITA.CO.ID, PURWAKARTA – Diam-diam Pemerintah Kabupaten Purwakarta cukup cepat menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha saat ditemui menjelaskan, dalam menindaklanjuti Inpres tersebut, Pemkab langsung melakukan rapat koordinasi dan memutuskan untuk melakukan Refocusing anggaran penanganan Covid-19.

Diputuskan beberapa anggaran yang masih bisa ditunda, akan difokuskan dan dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19.

“Seperti pengadaan operasional dan sebagainya, perjalanan dinas termasuk ATK juga diminimalisir, difokuskan untuk penanganan Covid-19,” jelas Norman Nugraha, Jumat (17/4).

Dijelaskan Pemkab Purwakarta sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 35,1 miliar dalam penanganan Covid-19 di Purwakarta, di antaranya Rp18 miliar dialokasikan untuk pemberian bantuan uang tunai kepada masyarakat Purwakarta yang terdampak Covid-19. Untuk sisanya disiapkan untuk kesehatan dan ekonomi disesuaikan dengan kebutuhan.

“Data anggaran untuk penanganan Covid-19 di Purwakarta sudah kita laporkan ke pusat pada tanggal 7 April 2020 yang lalu, mengikuti instruksi pusat,” tegasnya.

Hanya saja tidak menutup kemungkinan anggaran yang sudah disiapkan kondisional saja, pastinya menunggu instruksi lanjut dari pemerintah pusat.

“Kalau memang diperlukan lagi Pemkab akan melakukan fefocusing kembali, jikalau memang kondisi pandemi Covid-19 ini belum berakhir, kondisional saja,” tambah Norman.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo secara resmi juga sudah menetapkan wabah virus Covid-19 sebagai bencana nasional, lewat penerbitan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Covid-19 Tahun sebagai bencana nasional. (trg/fzy)