Beranda Karawang Pemkab Raih WTP Kelima, Sekda: Bukan Berarti Tanpa Temuan

Pemkab Raih WTP Kelima, Sekda: Bukan Berarti Tanpa Temuan

TVBERITA.CO.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang kembali mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian dalam Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LHP LKPD) Tahun Anggaran 2019 pada Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat.

Di bawah kepemimpinan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari, Pemkab Karawang kembali menyandang opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 5 kalinya menjelang akhir masa jabatan keduanya.

Ditemui TV Berita, Kamis (25/6), Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri mengaku bangga dan mengapresiasi atas kerja keras seluruh Organisai Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan daerah Kabupaten Karawang sehingga meraih opini WTP.

Kata Sekda Acep, raihan opini WTP merupakan bukti tertib dan disiplinnya kinerja pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karawang.

Selain itu, papar dia, tercapainya opini WTP merupakan bukti terjalinnya kerja sama yang solid antar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karawang.

Namun demikian opini WTP yang diraih ini pun bukan berarti tidak ada temuan. Dan temuan-temuan tersebut di antaranya kelebihan bayar dan OPD-OPD terkait yang mendapatkan rekomendasi untuk mengembalikan harus segera dikembalikan.

“Ya, meski WTP kita juga ada temuan berupa kelebihan bayar dan itu ada di OPD-OPD yang harus dikembalikan,” kata Sekda mengungkapkan.

Sekda Acep juga berharap tahun depan Kabupaten Karawang kembali mendapatkan WTP, oleh karenanya OPD-OPD harus lebih tertib administrasi terutama OPD yang ada pengadaan barang dan jasa.

“Kita harus lebih tertib administrasi lagi dan proses pengadaan barang dan jasanya juga harus lebih tertib transpran dan akuntabel,” ucapnya.

“Artinya orang atau pihak ketiga yang bekerjanya juga harus yang profesional, kenapa ada temuan karena yang bekerjanya kurang profesional,” sesalnya.

Disinggung soal perbandingan temuan BPK ditahun ini dengan tahun lalu, datar Sekda Acep menjawab sama aja.

“Rata rata, tidak lebih bagus atau tidak lebih buruk, yang penting ditingkatkan saja,” pungkasnya. (nna/fzy)