Beranda Advertorial Pengangguran Pribumi Karawang: Cellica-Jimmy Gagal

Pengangguran Pribumi Karawang: Cellica-Jimmy Gagal

TVBERITA.CO.ID –¬†Solidaritas Pengangguran Pribumi Karawang (SPPK) menilai, masih tingginya angka pengangguran di Kabupaten Karawang sebagai bukti kegagalan pemerintahan periode Celllica – Jimmy.

Pasalnya, masih banyak warga asli Karawang yang tidak diterima untuk bergabung di perusahaan yang ada di wilayah setempat. Padahal, Kabupaten Karawang merupakan salah satu kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara dengan ribuan perusahaan di dalamnya.

Sementara dari data yang dimiliki SPPK, sebanyak kurang lebih 180 ribu warga Karawang menganggur, Yang jumlahnya bisa saja semakin bertambah di tengah situasi pandemi Corona sekarang ini, di mana banyak perusahaan-perusahaan yang merumahkan karyawannya.

“Mungkin bagi kami pemerintah belum benar-benar fokus mengatasi masalah pengangguran yang ada di Karawang dikarenakan masih banyak perusahaan-perusahaan yang tidak menerapkan porsi 60-40 ( 60 persen untuk warga Karawang – 40 persen untuk pendatang) dalam sistem penerimaan karyawannya,” kata Ketua Umum SPPK, Aji Saepudin, kepada TV Berita, Selasa (30/6).

Terlebih lagi, kata Aji menambahkan, masih banyak perekrutan tenaga kerja yang dilakukan perusahaan-perusahaan berada dari luar pantauan pemerintah dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karawang. Meski banyak yang dirumahkan, bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini diduga ada juga perusahaan-perusahaan yang sudah mulai melakukan perekrutan tenaga kerja.

“Jadi intinya pemerintah belum bisa memprioritaskan pemuda pemudi Karawang dan tidak mampu memberikan sanksi yang tegas terhadap perusahaan membandel,” tegasnya.

“Pemerintahan Cellica – Jimmy saya anggap gagal, karena semakin banyak orang pendatang yang sangat mudah masuk bekerja dibandingkan orang asli Karawangnya sendiri,” pungkasnya. (nna/fzy)