Beranda Headline Penyaluran BST Undang Kerumunan, Dewan Kritik Satgas Covid

Penyaluran BST Undang Kerumunan, Dewan Kritik Satgas Covid

TVBERITA – Anggota DPRD Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina mengkritik Satgas Covid-19 dengan tidak adanya pengawasan atas kerumunan warga saat pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos di kantor Kelurahan Karawang Kulon.

Mengingat Kabupaten Karawang masih dinyatakan masuk zona merah dengan adanya penambahan siginifikan ini diduga akibat aktivitas Natal dan Tahun Baru 2020.

“Kelurahan Karawang Kulon ini status zona merah, jadi jangan klaster baru lagi di Kabupaten Karawang,” ujar Sri saat di Kantor Kelurahan Karawang Kulon, Senin (11/01/2021).

Dikatakan Sri, peran Satgas Covid-19 dalam pembagian BST ini patut dipertanyakan keberadaannya. Terlebih situasi Karawang memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan berkali-kalinya Karawang masuk Zona Merah.

“Penerima bantuan banyak yang sudah usia lanjut, Jadi Gugus Tugas harus memantau dan mengawasi protokol kesehatan saat pembagian BST Kemensos sehingga tidak berkerumun. Jadi harus dipantau Satgas Covid-19,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Kelurahan Karawang Kulon, Hermawan mengungkapkan, Kelurahan dalam BST Kemensos hanya fasilitator aja. Sedangkan untuk teknis pembagian menjadi kewenangan pihak Kantor Pos. Pihaknya juga sudah memberikan imbauan kepada warga agar menerapkan Protokol Kesehatan ketat saat menerima bantuan.

“Kita sudah sosialisasikan, tapi namanya masyarakat susah diarahkan. Terlebih kantor pos hanya satu,” pungkasnya. (ris/trg)