Beranda Headline Penyesuaian Protokol Kesehatan, Anggaran Pilkada Karawang Diprediksi Sentuh Angka 100 M

Penyesuaian Protokol Kesehatan, Anggaran Pilkada Karawang Diprediksi Sentuh Angka 100 M

TVBERITA.CO.ID – KPU Karawang butuh banyak penyesuaian dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi. Termasuk salah satunya menjalankan protokol kesehatan.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid, ditemui di ruangannya, Kamis (11/6) mengatakan, konsekuensi melaksanakan Pilkada di tengah pandemi adalah penambahan anggaran protokol kesehatan.

Saat ini, KPU masih menghitung penambahan anggaran ini. Di sisi lain, ada penyesuaian anggaran pada kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan massa.

Diprediksi kebutuhan anggaran Pilkada 2020 menyentuh angka Rp 100 miliar dari anggaran awal Rp 74,6 miliar.

Jumlah TPS dan petugas penyelenggara pun akan ditambah demi meminimalisir potensi kerumunan. “Dari awalnya 800 pemilih per TPS, jadi 500 pemilih,” katanya.

“Dengan adanya pandemi, ada dua konsekuensi. Pertama, penundaan tahapan. Kedua, penambahan anggaran bila Pilkada serentak dilanjut,” kata Miftah.

Selama tiga bulan, KPU sudah menunda empat tahapan Pilkada. Poin penting, kata Farid, mengapa Pilkada disetujui untuk dilanjutkan adalah rekomendasi tim gugus tugas nasional. Isinya, Pilkada boleh dilanjut dengan catatan menjalankan protokol kesehatan.

Sementara itu, KPU Karawang masih yakin bisa mengejar angka partisipasi pemilih sesuai target 77,5 persen. (fzy)