Beranda Ekonomi Perluas Pangsa Pasar, Pegiat Kopi Dorong Buka Kedai Kopi Karawang di Setiap...

Perluas Pangsa Pasar, Pegiat Kopi Dorong Buka Kedai Kopi Karawang di Setiap Kantor Dinas

KARAWANG- Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera bersama organisasi-organisasi kopi Karawang yang terdiri dari Asosiasi Petani Kopi Indonesia cabang Karawang, Forum Kopi Karawang dan Karawang Menyeduh menggelar acara Saresehan Kopi khas Karawang di Sky Garden Technomart, Galuh Mas.

Hadir di acara tersebut, Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi & UMKM Kab. Karawang, Hadir pula Ketua Forum Kopi Karawang, Ketua Karawang Menyeduh, Ketua Asosiasi Petani Kopi Indonesia cabang Karawang, Ketua Forum Ekraf Karawang, Ketua Jabar Bergerak Karawang dan hadir perwakilan akademisi, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UNSIKA.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera, Seia Piantara, SE., MM mengungkapkan kegiatan tersebut di gelar sebagai ajang silaturahmi para pegiat kopi se- Karawang.

Baca Juga: Terbaik di Jabar, Kopi Robusta Karawang Bakal Mejeng di Milan

“Alhamdulillah acara ini dapat terlaksana, dan dapat dihadiri oleh para pegiat kopi,
mulai dari unsur petani, processor, roasterry sampai ke unsur kedai- kedai kopi,” kata Seia kepada wartawan, Minggu (26/6/2022)

Menurut Seia dalam kegiatan tersebut pihaknya memiliki target untuk mengenalkan kopi Karawang ke masyarakat luas baik dalam negeri maupun mancanegara.

Pada session Coffee Talkshow, kata Seia pihaknya menghasilkan gagasan bersama dalam rangka menembus pasar global, organisasi- organisasi kopi Karawang menggagas untuk merumuskan mengadakan event Karawang Coffee Festival.

“Mengarahkan seluruh kedai kopi Karawang untuk menyajikan kopi Karawang dan menggagas membuka kedai kopi Karawang di setiap kantor dinas,” ujar Mantan Presiden Mahasiswa Karawang (IMAKA) disela- sela kegiatan.

Baca Juga: Awal 2022, UBP Karawang Bakal Garap Kampung Kopi Berbasis Ekowisata

“Juga dalam acara ini ada session sosialisasi sertifikat produk halal dengan tujuan agar UMKM- UMKM kedai kopi ataupun UMKM yang lain bisa melengkapi izin legal nya, dengan produk halal dapat meningkatkan perluasan pemasaran,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, Asep Saefulloh, MM, mengapresiasi kegiatan saresehan kopi Karawang ini sebagai media perluasan pengetahuan kopi Karawang.

Bahkan ia juga mengarahkan agar pegiat kopi Karawang dapat ikut menjadi anggota salah satu koperasi, yang dimana saat ini koperasi yang fokus terhadap produk kopi adalah Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera.

“Dengan berkoperasi pegiat- pegiat kopi Karawang dapat lebih berkembang dalam akses perluasan pemasaran, akses kelengkapan izin legal, serta akses permodalan. Pemerintah berupaya selalu mendukung program untuk kopi Karawang lebih maju lagi, dan bisa menembus pasar global,” ujarnya. (ddi)