Beranda Bekasi Persiapan New Normal, Dewan Pertanyakan Angka Laju Penularan

Persiapan New Normal, Dewan Pertanyakan Angka Laju Penularan

TVBERITA.CO.ID, KOTA BEKASI – Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman Juono Putro menjelaskan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan enam syarat yang ideal dalam memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal.

“Kalau kita melihat new normal versi WHO maka kita akan mendapatkan realita yang sampai saat ini belum pernah dijawab secara tuntas oleh pemerintah pusat maupun daerah,” kata Chairoman Juono Putro, Kamis (4/6).

New Normal itu, kata dia, diketahui ada enam syarat sebagai persiapan tatanan baru kehidupan. Salah satu yang paling utama adalah pemerintah pusat maupun daerah harus bisa membuktikan bahwa transmisi virus itu sudah dikendalikan dan bentuknya dikeluarkan dalam bentuk angka retribusi number RT.

“Di mana RT menggambarkan nilai transmisi dari satu orang yang terkena Covid-19 dan ia akan menularkan ke beberapa orang lainnya dalam rata-rata,” kata Chairoman.

Menurutnya, Kota Bekasi disebutkan angkanya 0.71 dan inipun bukan angka yang mati, angka itu melihat dalam 14 hari terakhir berapa trennya, kalau ia maju terus maka harusnya dihitung.

“Angka ini seharusnya dipertimbangkan minimal harusnya stabil di 14 hari, 0,7 0,8 0,6 stabil angkanya. Pertanyaannya sudah berapa lama angka 0,7 itu sudah dicapai oleh pemerintah kota Bekasi?” bebernya. (ais/adv/hms/dprd/kotabksi)