Beranda Karawang Polisi Cek Produsen Ammonium Nitrate di Cikampek

Polisi Cek Produsen Ammonium Nitrate di Cikampek

TVBERITA.CO.ID – Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman mendampingi kunjungan KaBaintelkam Komjen Pol Ryco Amelza selaku Kabaintelkam Mabes Polri melakukan kunjungan di PT. Multi Nitrotama Kimia (MNK) Cikampek di Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) Desa Kalihurip Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Kamis (6/8).

“Kunjungan tersebut bertujuan guna melakukan Pengecekan PT. MNK Cikampek selaku produsen bahan peledak jenis Ammonium Nitrate (AN), Nitrid Acid (NA) dan Ammonium Nitrate and Fuel Oil (ANFO) guna antisipasi kejadian serupa di Libanon,” ujar Kapolres.

Perusahan yang berdiri pada tahun 1989 ini bergerak di bidang produsen Ammonium Nitrate dengan produksi 120.000 ton per tahun.

“PT. MNK Cikampek tidak menyimpan Ammonium Nitrate dalam jangka waktu lama karena hasil produksi langsung dikirim ke gudang PT. MNK di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan serta memenuhi kebutuhan pengguna akhir dan bersifat masih bahan baku,” katanya.

Kegiatan pengecekan meliputi pengecekan terhadap lokasi produksi dan gudang penyimpanan hasil produksi handak dan penyusunan penyimpanan serta jarak aman dengan lingkungan.

“Kunjungan tersebut dalam rangka mengantisipasi dalam melakukan pengamanan penyimpanan bahan peledak jenis Ammonium Nitrate pasca kejadian kebakaran gudang Ammonium Nitrate yang mengakibatkan timbulnya ledakan dan korban jiwa di Beirut Libanon,” jelasnya. (nna/fzy)