Beranda Karawang Bawaslu Karawang Dorong Pemuda Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

Bawaslu Karawang Dorong Pemuda Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

Pemuda karawang awasi pemilu 2024
Bawaslu Karawang mengajak pemuda berperan aktif awasi Pemilu 2024. (Istimewa)

KARAWANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karawang mendorong keterlibatan pemuda dalam awasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal itu diperlukan demi terciptanya pemilu yang jujur, adil dan demokratis.

Komisioner Bawaslu Karawang, Kusnadi mengungkapkan, Bawaslu secara aktif terus mensosialisaskan keterlibatan para OKP dgn mahasiswa untuk menciptakan pengawasan partisipatif.

Baca juga: Bawaslu Karawang Sebut Potensi Pelanggaran Terkait APK Relatif Tinggi

“Pemilu ini bukan hanya tanggung jawab Bawaslu dan KPU saja tapi juga masyarakat, mulai dari kelompok pemuda, seperti GP Ansor, Organisasi Cipayung, dan juga mahasiswa. Keterlibatan seluruh elemen ini sangat penting demi menciptakan Pemilu yang jujur, adil dan demokratis,” kata Kusnadi, Kamis (2/3/2023).

Selain kelompok pemuda, kata dia, Bawaslu juga terus melibatkan kelompok disabilitas dan kaum perempuan.

Baca juga: Anies Effect Terasa di Karawang, NasDem Optimis Tatap Pemilu 2024

“Kita tak hanya melibatkan kelompok pemuda, kemarin kita juga libatkan kelompok disabilitas, dan kedepan kita akan libatkan kaum perempuan untuk menjadi pengawas partisipatif,” ujarnya.

Kusnadi berharap masyarakat, khususnya pemuda turut mensukseskan pesta politik 5 tahunan tersebut dengan terlibat secara aktif awasi Pemilu 2024.

“Kami berharap para pemuda bisa melakukan pengawasan walaupun hanya bersifat partisipatif, Bawaslu sendiri memiliki 30 Panwascam dikali 3 orang, jadi 90 orang ditambah 309 desa kurang lebih hanya 400 orang, sedangkan yang harus kita awasi sekitar 1,6 juta sesuai dengan DPT” tambahnya. (*)