Beranda Politik Dewan Dari Dapil I “Tebar Pesona” Ke Warga Dapil VI

Dewan Dari Dapil I “Tebar Pesona” Ke Warga Dapil VI

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Warga mempertanyakan alasan beberapa anggota DPRD dari Dapil I yang diduga reses di Dapil VI. Ada indikasi anggota dewan ini mencoba menarik simpati masyarakat. Sebab, di Pileg 2019-2024 nanti, mereka bakal nyaleg lagi di Dapil VI.
Warga dari Dapil I mempertanyakan urgensi reses tersebut. Sebut saja Doni (40 tahun) salah seorang masyarakat di wilayah Telukjambe Barat yang menyayangkan para wakil rakyat tidak menepati janji akan menyampaikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Dapil I khususnya masyarakat Telukjambe Barat.
“Ya, kalau menurut saya ya seharusnya mereka ini menyelesaikan dahulu pekerjaannya sebagai wakil rakyat di dapilnya masing-masing, karena masalahnya masih banyak aspirasi dari kami yang belum terjaring,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Kecamatan Telukjambe Barat, Rabu (19/2).
Bahkan, ia balik bertanya apakah ada aturannya, dewan yang jelas-jelas masih aktif lalu pindah Dapil kemudian melupakan masyarakat di Dapil di mana ia terpilih dulu.
“Kok resesnya di Dapil yang sekarang dia ikuti sih, terus Dapilnya yang asli siapa yang menjaring aspirasinya,itu aturan dari mana, selama ini saja aspirasi yang masuk ke wilayah saya hanya sepanjang 101 meter itupun tahun 2015 lalu, masih banyak yang belum terealisasi,” ungkapnya mengeluhkan.
Senada dengan Doni, warga Telukjambe Timur, Endang (55) mengatakan memang selama ini ada beberapa aspirasi yang memang masuk ke wilayahnya, meski begitu masih banyak aspirasi yang belum terwujud.
“Memang tidak harus semua dipenuhi, karena memang ada batasannya, namun tetap karena reses ini dibiayai negara maka sewajarnya mereka tetap reses di Dapil awalnya mereka terpilih,” ujarnya.
Seperti diketahui, Berdasarkan Surat Keputusan KPU Republik Indonesia pada 4 Arpil 2018 Nomor 275/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dalam Pemilu Tahun 2019 untuk Kabupaten Karawang wilayah Kecamatan Karawang Timur yang awalnya masuk ke dalam Dapil I saat ini dipindahkan ke Dapil VI.
Sehingga ada beberapa anggota DPRD yang awalnya merupakan perwakilan rakyat Dapil I pada saat dirinya mencalonkan kembali sebagai anggota DPRD masuk ke dalam Daerah Pemilihan VI. (Nna/fzy)