Beranda Politik DPRD Purwakarta Sambut Kunjungan Belajar SD IT Cendekia

DPRD Purwakarta Sambut Kunjungan Belajar SD IT Cendekia

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Sebanyak 96 siswa-siswi kelas 5 SD IT (Islam Terpadu) Purwakarta melakukan Kunjungan Belajar ke DPRD Purwakarta. Mereka tampak antusias dan gembira mendapat sambutan dari para Ketua dan Komisi IV , yang antara lain memang membidangi pendidikan.
Pemimpin rombongan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ade Saefudin, S.Ip mengatakan, tujuan kunjungan para anak didiknya, guna mempraktikkan mata pelajaran PKN (Pendidikan Kewarganegaraan Negara), yang di antaranya mengulas Trias Politika.
“Para siswa mendapat pelajaran Trias Politika, yakni pengetahuan tentang Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif. Oleh karena itu, kami perkenalkan mereka pada unsur pemerintahan antara lain legislatif yang notebene wakil rakyat. Mereka ingin mengenal langsung para anggota dewan, kedudukan kantornya, dan bagaimana sistem kerjanya. Maklum, anak didik kami ada di antaranya yang ingin menjadi wakil rakyat,” jelasnya.
Wakil Ketua DPRD Warseno didampingi Ketua Komisi IV DPRD Purwakarta menyambut kedatangan mereka penuh rasa persahabatan dan kekeluargaan, di ruang rapat utama, Senin (18/1). Di akhir kunjungannya, kepada para siswa juga diperkenankan untuk melihat-lihat ruang kerja pimpinan, komisi maupun fraksi
Warseno mengutarakan alat kelengkapan DPRD antara lain unsur Pimpinan (Ketua dan 3 Wakil Ketua), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Bangar), Komisi-Komisi, Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda), serta Panitia Khusus (Pansus) dan Panitia Kerja (Panja) yang bersifat ad-hoc.
Tanpa malu-malu anak didik bertanya kepada anggota DPRD Purwakarta, salah seorang siswi menanyakan, adakah yang sullt dari pekerjaan anggota DPRD
Ragil Sukamto menjelaskan, bahwa pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan, terlebih DPRD bekerja secara tim. Bahkan kepada siswa-siswi ditantang anggota dewan untuk menjawab 3 pertanyaan yang semula telah diterangkan.
Tiga siswa yang mampu menjawab benar maju ke depan, dan kepada mereka diberikan kenang-kenangan dari Komisi IV DPRD Purwakarta.
Diakhir kegiatan anggota DPRD dari Komisi IV H. Komarudin Noor mengatakan, bahwa berbahagialah orang yang berilmu, karena akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
“Kalian memiliki ilmu politik selangkah lebih maju dari kawan-kawan yang belum pernah ke sini. Mudah-mudahan akan memberikan berkah dikemudian hari kelak,” pungkasnya.(cr2/ris)