Beranda Karawang PPK Rengasdengklok Roadshow ke Sekolah Sosialisasikan Pemilu 2024

PPK Rengasdengklok Roadshow ke Sekolah Sosialisasikan Pemilu 2024

PPK Rengasdengklok Sosialisasikan Pemilu 2024 ke puluhan siswa SMA, SMK yang ada di Kecamatan Rengasdengklok (Foto: Istimewa)

KARAWANG– Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rengasdengklok, Kabupaten Karawang menggelar roadshow ke sekolah-sekolah dengan menyasar pemilih pemula dengan mensosialisasikan Pemilu 2024 baik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kecamatan Rengasdengklok.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Helmi Nugraha mengungkapkan sosialisasi dihadiri oleh perwakilan 4 sekolah yang ada di Rengasdengklok untuk menyukseskan pemilu salahsatunya dengan sosialisasi.

“Ada empat sekolah yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut yaitu SMKN 1 Rengasdengklok, SMK Mitra Karya, SMK Mandala dan SMK Lentera Bangsa, lokasinya di Aula SMK Mitra Karya,” kata Helmi, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: PPK Lemahabang Karawang Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024 ke Pemilih Pemula

Helmi menambahkan sosialisasi kepada para pemilih pemula dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan partisipasi pemilih khususnya di kalangan pemilih pemula pada Pemilu 2024. Dengan gambaran kepemiluan dimana untuk menjadi Pemilih harus sudah berusia 17 tahun dan melengkapi persyaratan administrasi terutama KTP Elektornik agar dapat menyalurkan hak pilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

“Ini merupakan realisasi PKPU Nomor 7 tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih, maka kami mencoba hadir ditengah-tengah pemilih pemula untuk memberikan edukasi tentang pemilu,” jelasnya.

Ia juga berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi tersebut, para pemilih pemula di Rengasdengklok bisa turut andil menentukan pemimpin masa depan, dan yang lebih penting, pemilih pemula ini tidak termakan hoax yang bisa memecah belah persatuan antar anak bangsa.

Baca juga: Bawaslu Karawang Minta Panwascam Inventarisir Bacaleg yang Berprofesi Ini

“Mengimbau kepada pelajar kelas 2 baik di SMK maupun SMA yang sudah berumur 17 tahun dapat mengakses cekdpt.kpu.go.id untuk mengetahui sudah terdaftar apa belum. Dengan sudah terdaftar sebagai pemilih, tentunya nanti bisa berbondong-bondong ke TPS,” paparnya.

Sementara itu, Perwakilan SMK Mitra Karya Rengasdengklok, Ipmi Lazuardi dalam sambutannya menyambut baik kehadiran PPK Rengasdengklok dalam rangka memberikan sosialisasi Pemilu 2024 kepada siswanya. Terlebih sekolahnya jadi tuan rumah penyelenggaraan dengan peserta dari 4 sekolah.

“Sosialisasi ini meningkatkan pengetahuan dasar dan kesadaran berpartisipasi dalam pemilu 2024,” pungkasnya.