Beranda Karawang PUPR Tunda 95 Persen Proyek Infrastruktur Jalan

PUPR Tunda 95 Persen Proyek Infrastruktur Jalan

TVBERITA.CO.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang menunda 95 persen pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur pembangunan jalan di tahun 2020 ini.

Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Rusman Kusnadi mengatakan, penundaan tersebut dikarenakan adanya realokasi anggaran (refocusing) yang dilakukan pemerintah daerah untuk menangani penyebaran virus corona (Covid-19).

“Hampir semua tertunda, hampir 95 persen. Sisanya hanya jalan-jalan yang memang urgen atau sifatnya sangat darurat, contoh seperti jalan yang terputus dan lainnya, itu pun dengan nilai kecil-kecil dan hanya ad sekitar 20 titik,” jelas Rusman kepada TV Berita, Kamis (9/7).

Lebih lanjut, Rusman menyebutkan paket-paket kontraktual yang belum lelang tersebut pelaksanaannya secara teknis dapat ditunda pada tahun depan. Karena kemungkinan tidak akan terkejar di anggaran perubahan.

“Perubahan juga belum jelas juga,” ucapnya.

Selain itu, ungkap Rusman, ada juga beberapa pekerjaan jalan yang merupakan bantuan dari Provinsi Jawa Barat (Banprov) dan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang juga tertunda karena pandemi Covid-19 ini.

“Semua anggaran bantuan baik provinsi maupun DAK semua tertunda. Yang tertunda ada anggaran provinsi untuk jalan Johar – Rengasdengklok sebesar Rp 56 miliar. Ada jalan Johar – Gempol anggaran provinsi sebesar Rp 7 miliar dan DAK Rp 15 miliar,” ungkap Rusman.

“Saat ini kita sudah usulkan kembali agar bisa kita dapatkan lagi di 2021, meski memang belum tentu akan dapat kembali atau tidak karena kondisinya juga masih belum jelas,” pungkasnya seraya bergegas. (nna/fzy)