Beranda Regional 1.340 Seniman Masuk Sekolah

1.340 Seniman Masuk Sekolah

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Sebanyak 1.340 seniman akan mulai mengajar di sekolah dasar dan menengah di 28 provinsi. Mereka akan berbagi ilmu selama 4 bulan melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang digagas Direktorat Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan. Para seniman tersebut mengutamakan sekolah yang tidak memiliki guru kesenian.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbus mengatakan, masih banyak sekolah yang kurang memiliki infrastruktur pendukung kesenian yang memadai.

Menurut dia, belajar kesenian, terutama mengenal seni yang berakar pada kebudayaan lokal sangat penting. Dengan belajar seni, para siswa diharapkan dapat tumbuh dengan karakter yang sesuai di daerahnya masing-masing.

“Kebudayaan mewarnai perkembangan karakter siswa. Tapi banyak sekolah bahkan tak memiliki guru kesenian. Karena kami juga memanh kekurangan tenaga guru seni di sekolah. Makanya kami bekerja sama dengan 1.300 seniman lokal dan nasional untuk masuk mengajar ke sekolah,” ujar di Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Hilmar mengatakan, GSMS bagian dari program penguatan pendidikan karakter yang menjadi agenda besar pemerintah pada bidang pendidikan. ingin menanamkan pendidikan.

Ia menilai, anak-anak yang tangguh dan berkarakter tak hanya sains harus pintar dalam bidang sains, tetapi juga terbiasa mengolah rasa melalui seni.

Pendidikan seni membantu siswa mengenali budaya bangsa, belajar mengendalikan emosi dan juga mengenali bakat yang dimiliki.

“Belajar matematika dan teknologi penting, tetapi juga harus olahraga dan kreativitas yang bisa diterapkan melalui kesenian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, GSMS juga bertujuan untuk memberikan akses kepada siswa untuk mengenal karakter seorang seniman. Bagi para seniman, GSMS menjadi wadah untuk mencari bakat seni para generasi muda.

“Jadi anak-anak diberi kesempatan berinteraksi langsung dengan seniman dan seniman juga tahu bagaimana cara efektif membagi apa yang mereka ketahui,” ujarnya. (net/fzy)