Beranda Headline 10 Parpol di Karawang Konsolidasi Demi Jegal Petahana?

10 Parpol di Karawang Konsolidasi Demi Jegal Petahana?

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Gelar pertemuan tertutup, pada hari Minggu malam (8/3) di Hotel Brits, Telukjambe Karawang. 10 partai politik di Kabupaten Karawang minus partai Demokrat dikabarkan berkumpul untuk berupaya menjegal calon bupati petahana, Cellica Nurrachadianna (Ketua Partai Demokrat Karawang) agar tidak bisa mencalonkan kembali dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang yang akan digelar bulan September mendatang.

Pertemuan yang dihadiri para petinggi partai politik (Parpol) tersebut dikabarkan pula diinisiasi oleh lima parpol yang tergabung dalam Poros Juang, yakni, PDIP, PAN, PPP, PBB,dan Hanura dan turut hadir partai Gerindra, Golkar, PKB, PKS, dan Partai NasDem.

Ditemui usai acara, Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang, Taufik Ismail kepada awak media membantah dengan tegas beredarnya kabar jika pertemuan tersebut merupakan salah satu manuver politik agar Cellica Nurrachadiana tidak bisa mencalonkan kembali di Pilkada Karawang 2020.

“Gak ada ceritanya di sini (dalam rapat), masa Cellica sampai jangan nyalon. Jangan gitu lah,” tutur pria yang akrab disapa Kang Pipik ini menegaskan.

Disoal kemudian mengapa partai Demokrat tidak diundang dalam pertemuan malam ini, kang Pipik justru malah balik bertanya kepada awak media, kenapa tidak menanyakan hal tersebut kepada partai lain yang juga tergabung dalam Poros Juang.

“Ya di suratnya (undangan) ada gak? Poros Juang harus ditanya dong,” kata Kang Pipik membalikkan pertanyaan wartawan.

“Poros Juang kan ada lima orang (lima partai), kenapa Demokrat tidak diundang,” imbuhnya lagi.

Menjawab rasa penasaran awak media, kang Pipik pun mengungkapkan tidak hadirnya partai Demokrat di dalam pertemuan tersebut, menurutnya, mungkin karena Partai tersebut sedang sibuk.

“Poros Juang itu sudah mengundang Gerindra dan PKB, NasDem dan Golkar juga ada perwakilan, terus PKS. Gak tahu juga, mungkin akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya, santai aja,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bapilu DPD Partai Golkar Karawang, Asep Kurniawan mengaku sangat mengapresiasi pertemuan para pimpinan parpol di Karawang ini.

Karena dijelaskannya, dalam pertemuan tersebut ada keinginan dari para pimpinan partai untuk bagaimana memajukan Karawang ke depan lebih baik. Kemudian, bagaimana Pilkada Karawang berjalan sukses tanpa ekses.

“Persoalan pasangan, kembali kepada marwah partai masing-masing,” tuturnya.

Senada dengan Kang Pipik, Asep Kurniawan juga mengungkapkan dalam salah satu penjelasan petinggi parpol dalam rapat menginformasikan bahwa sebenarnya Partai Demokrat juga diundang hanya saja tidak hadir.

“Sebenarnya Demokrat diundang juga, cuma tidak hadir katanya. Jadi semua partai diundang,” jelasnya

Namun Asep Kurniawan yang datang bersama Wakil Ketua DPD Partai Golkar Karawang Abdul Azis ini juga seperti ingin menegaskan kepada awak media, bahwa kehadirannya di pertemuan ini tidak atas nama Partai Golkar. Melainkan inisiatif pribadinya sebagai kader Partai Golkar.

“Kebetulan saya dari Golkar hanya untuk menghadiri, tanpa ada intruksi dari DPD. Hanya memang hadir secara pribadi,” tandas Asep Kurniawan saat ditanya apakah kehadirannya di pertemuan 10 partai ini sudah berkoordinasi dengan Ketua DPD Partai Golkar Karawang, Sukur Mulyono atau belum. (nna/kie)