Beranda Karawang 350 Santri Ikuti Perkemahan Santri Pramuka Nusantara

350 Santri Ikuti Perkemahan Santri Pramuka Nusantara

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sebanyak 350 santri pramuka mewakili 35 Pondok Pesanten di Kabupaten Karawang mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke-12 tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2020, di Bumi Perkemahan Sanggabuana (villa arab) Desa Mekar Buana Kecamatan Tegalwaru Karawang, Kamis (12/03/2020).

Tema kali ini adalah “Santri Moderat NKRI Kuat”

Kegiatan untuk menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme kepada para santri ini dibuka langsung oleh Asisten Pembangunan Setda Kabupaten Karawang Drs.Haryanto yang mewakili Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana.

Dalam sambutannya Drs. Haryanto mengapresiasi kegiatan tersebut karena bermanfaat juga untuk melatih kedisiplinan, menumbuhkan sifat tolong menolong, menjalin kebersamaan dan ujungnya membentuk karakter para santri.

“Ini penting, karena ada juga kegiatan yang sifatnya individual seperti pidato karena calon pemimpin harus bagus public speakingnya maka dilatih hari ini,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Dia, akan menghasilkan generasi muda yang memiliki jiwa religius sekaligus nasionalisme dan patriotisme yang kuat.

“Saya berharap lahir generasi muda yang memiliki jiwa religius dan jiwa nasionalisme serta patriotisme,” ucapnya.

Selain itu, sekalipun santri identik dengan ketradisionalan dan mayoritas hidup di pedesaan, namun Beliau meminta mereka untuk menyambut era industri 4.0. Dengan begitu santri akan memiliki karakter religius, nasionalisme dan maju.

“Saya harap juga di era 4.0 ini sekalipun santri yg identik dngan tradisional tapi santri tdk boleh ketinggalan harus maju,” harapnya.

Perkemahan santri pramuka yang digelar selama dua hari ini, merupakan kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Karawang selaku pembina pesantren.

Terakhir, Ia menekankan para santri pramuka untuk terus berkembang dan berinovasi dari tingkat penggalang hingga penegak selama perkemahan berlangsung. (nji/dhi)