Beranda Regional 9 Anggota BPD Resmi Dilantik, Siap Sinergi dengan Mitra Kerja

9 Anggota BPD Resmi Dilantik, Siap Sinergi dengan Mitra Kerja

CIKAMPEK, TVBERITA.CO.ID- Pelantikan 9 orang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cikampek Barat Kecamatan Cikampek yang dilaksanakan di Stadion Karawang, beserta anggota BPD se-Kabupaten Karawang, Rabu (3/10).

Demikian dikatakan Edi Jumala Panitia Penyelenggara pemilihan pembentukan periodisasi BPD Desa Cikampek Barat periode 2018- 2024.

Menurut Edi Jumala selaku Panitia penyelenggara Pemilihan pembentukan BPD Desa Cikampek Barat periode 2018-2024, mengundang 9 orang BPD terpilih untuk melakukan bermusyawarah Desa (Musdes), yakni untuk menentukan Ketua BPD, hasil musyawarah kesepakatan bersama merujuk kepada Asma,M.Pd terpilih sebagai Ketua BPD Desa Cikampek Barat yang dilakukan secara poting.

“Sebelum anggota BPD 9 orang dilantik tiga hari sebelumnya kami melakukan musyawarah untuk menentukan siapa Ketua BPD nya. Alhamdulilah setelah di adakan poting Asma terpilih sebagai Ketuanya perwakilan BPD dari Dusun dua Sukamanah Timur,” ucap Edi, Rabu(3/10) setelah pulang menghadiri pelantikan BPD se-Kabupaten Karawang.

Selanjutnya Edi Jumala mengatakan bahwa, Ketua BPD dan anggota yang sudah dilantik harus segera melakukan Musyawarah Desa ( musdes) untuk membentuk susunan Panitia Penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar waktu (PAW) yang saat ini Pejabat Kades sudah di isi oleh PNS dari Kecamatan Cikampek.

“Ketua BPD dan anggota Desa Cikampek Barat yang baru dilantik harus segera membentuk Panitia Penyelenggara Pemilihan Kades PAW melalui Musdes. Sambil menunggu tahapan dari Pemkab Karawang. Harapannya akhir Desember 2018 mendatang kita harus sudah ada Kades PAW terpilih. Sebab Kades Pjs PNS dari Kecamatan maksimal paling lama hanya 6 bulan menjabat,”tandasnya.

Ia juga menyarankan agar Ketua BPD Desa Cikampek Barat ,agar bisa bersinergi dengan Kades Pjs dan perangkatnya dalam menjalankan fungsi dan tugasnya terutama dibidang pembangunan yang lebih di prioritaskan.

“BPD Desa Cikampek Barat harus bersinergi dengan Kades dan perangkatnya.Karena BPD itu adalah mitra Kades dalam menjalankan tupoksinya terutama di bidang pembangunan yang harus di prioritaskan,” saran Edi.

Sementara itu Asma MPd Ketua BPD Desa Cikampek Barat mengatakan bahwa, ia siap untuk menjalankan tugas barunya ini, yakni siap bekerja bersinerg dengan Kades Pjs Cikampek Barat.

Menurutnya, tugas BPD itu bersifat kolektif Kolegial juga sebagai mitra Kades serta sebagai ujung tombak kontrol sosial baik dibidang Pembangunan dan pelayanan masyarakat,terlebih lagi mengawasi anggaran yang di kucurkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah. Ia juga akan secepatnya mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk membentuk Panitia penyelenggara pemilihan Kades PAW.

“Kami siap menjalankan tugas selaku BPD dan siap bekerja bersinergi dengan Kades Pjs. Fungsi kami sebagai mitra kerja dan kontrol sosial baik di bidang pembangunan intrastruktur juga menampung aspirasi masyarakat. Dan juga dalam waktu dekat ini melalui Musdes kami akan secepatnya membentuk kepanitian dalam rangka pemilihan Kades PAW,” terangnya.

Lebih jauh Asma mengatakan bahwa hubungan antara BPD dan Kades jangan sampai ada miskomonikasi sehingga akan menimbulkan preseden yang buruk.

“Oleh karena itu marilah kita bekerja sama demi kemajuan desa Cikampek Barat,” pungkasnya.(dej/ris)