Beranda Purwakarta Acil Bimbo, Gerakkan Semangat Petani Lokal KJA Jatiluhur

Acil Bimbo, Gerakkan Semangat Petani Lokal KJA Jatiluhur

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID– Acil Bimbo, salah satu personil grup musik lawas Bimbo yang merupakan penggagas gerakan jaga lembur, hadir di sela kegiatan silaturahmi Petani Ikan KJA Jatiluhur Rabu (12/12), bertempat di Lamping Tarumasari Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Purwakarta.

Kegiatan silaturahmi ini juga dihadiri, M. Nana Munajat Dahlan (Budayawan Jabar), Mas Gilang Kusumah Adi Pratama, dan Aang Zain Mazolat Pilar JaGat Cianjur.

Kegiatan yang digagas Kelompok Petani Ikan ANSERTA ini, merupakan persiapan menjelang rencana kegiatan “Gelar Budaya Ngabengkat Mapag Cai Talaga Kahuripan Jatiluhur dan Sholawat Akbar” yang akan diselenggarakan 28 Desember 2019 nanti.

Ketua KPI ANSERTA, Taofik Hidayat atau akrab dipanggil kang Cepi mengatakan, kegiatan yang akan digelar nanti adalah sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME atas Karunia-Nya.

“Selain daripada itu, untuk menjalin persatuan dan kesatuan, juga sebagai wujud nyata melestarikan warisan budaya dan kearifan lokal,” jelas Cepi Rabu (12/12).

“Untuk itu kami berharap agar semua elemen lapisan masyarakat terutama masyarakat sekitar waduk Jatiluhur agar berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan 28 Desember nanti, karena Danau Jatiluhur ini merupakan penghidupan dan hajat hidup orang banyak, maka perlu dirawat dan dijaga kelestariannya,” ujarnya.

Kang Acil Bimbo dan tokoh yang hadir sangat apresiasi dan mendukung rencana kegiatan Mapag Cai Talaga Kahuripan Jatiluhur dan sholawat akbar yang akan digelar nanti.

“Karena Gerakan Jaga Lembur, Jaga Lingkungan dan Lestarikan Alam, memiliki spirit membangun dengan semangat kebersamaan dan gotong royong,” jelas Kang Acil.

“Gerakan Jaga Lembur juga memiliki arti menjaga kampung halaman yang mencakup berbagai aspek sosial budaya dan salah satu nilai-nilai budaya lokal yang harus di pertahankan yakni pentingnya memelihara kampung halaman sendiri, tujuannya menerapkan kembali nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal, dan saya berharap Jatiluhur dapat melahirkan konsep sesuai dengan potensi potensi yang ada di wilayah Jatiluhur,” pungkasnya. (trg/kie)