Beranda Regional Agenda Padat, Endang: Akhir Agustus Pimpinan Definitif Harus Sudah Terbentuk

Agenda Padat, Endang: Akhir Agustus Pimpinan Definitif Harus Sudah Terbentuk

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Menindaklanjuti hasil rapat dari Anggota DPRD Kabupaten Karawang tentang Evalusi Tata Tertib DPRD nomor 1 Tahun 2018, Unsur pimpinan sementara DPRD Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jawa Barat, pada hari Rabu (14/8).

Kepada TV Berita, Endang Sodikin unsur pimpinan sementara DPRD Kabupaten Karawang Fraksi Partai Gerindra menjelaskan dalam menjalankan regulasi sesuai dengan Pasal 165 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Pasal 34 ayat (3) PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, pihaknya melakukan konsultasi ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dan sesuai kewenangan sebagai Pimpinan sementara di DPRD sebagaimana tertuang dalam pasal 34 ayat (3) PP 12 tahun 2018 yaitu,

1.Memimpin Rapat DPRD
2.Memfasilitasi Pembentukan Fraksi DPRD
3.Memfasilitasi Pembentukan Rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD
4.Memproses Penetapan Pimpinan DPRD Definitif.

Oleh Karenanya, lanjut Endang menerangkan, hal-hal tersebut diatas perlu di konsultasikan kepada Biro Hukum provinsi Jabar . Untuk mengetahui seperti apa implementasinya sesuai dengan regulasi yang ada.

“Tentunya, agar betul-betul langkah kami sesuai amanah Partai ini sebagai Pimpinan sementara DPRD dapat dijalankan dengan prinsip Prudent (kehati-hatian) dan memenuhi aspek legalitas,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Setelah melakukan konsultasi, pihaknya akan mengirimkan surat kepada Partai Politik yang sudah mengajukan usulan Fraksi sementara, sambil menunggu surat rekomendasi dari masing-masing DPP Partai yang sudah diajukan kepada sekretriat DPRD.

“insya Allah minggu depan kami akan mengajak Perwakilan mereka (Fraksi-Fraksi) untuk melakukan Evaluasi Rancangan Tata Tertib DPRD agar ketika kedepan sudah ada Pimpinan DPRD Definitif sudah siap dibahas oleh pansus,” ulasnya lagi.

Endang juga memaparkan, saat ini Fraksi-Fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD) baik Pimpinan DPRD, Komisi, Bappemperda, Banggar, Bamus, maupun Badan Kehormatan (BK), belum sah terbentuk.

Oleh karenanya sebagai Unsur Pimpinan Sementara, tandas Endang, dirinya bagi tugas dengan Ketua DPRD sementara untuk mengikuti agenda Pemerintahan dengan Eksekutif, misalnya agenda-agenda non pembahasan atau kegiatan ceremonial.

“Patokan kita paling lambat akhir agustus semua surat sudah beres dari DPP ke 4 Parpol Pemenang kursi terbanyak dan sudah di ajukan ke Gubernur agar awal september kita bisa marathon, dan sementara ini baru dua partai yang sudah mengajukan rekomendasi Pimpinan DPRD definitif, yaitu PKB dan Partai Golkar,” pungkannya.(nna/dhi)

Komentar Facebook