Beranda Regional Akhir Juli 2021 PT Hero Supermarket Tutup, Ribuan Karyawan Diprediksi Terdampak PHK

Akhir Juli 2021 PT Hero Supermarket Tutup, Ribuan Karyawan Diprediksi Terdampak PHK

KOTA BEKASI – Pasca Pengumuman Seluruh gerai Giant yang ditutup per akhir Juli 2021,akan membawa masalah baru dan masalah sangat besar berdampak kepada ribuan karyawan yang sebelumnya bekerja diperusahaan retail tersebut akan kena Pemutuhan Hubungan Kerja (PHK)serentak,

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengaku mendapat informasi dari Serikat Pekerja Hero Group dan Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia bahwa akan ada PHK sebanyak 3.000 pekerja,

“Oleh karena itu , kami meminta pimpinan perusahaan merundingkan permasalahan tersebut dengan serikat pekerja.Ada informasi, penyebab dari tutupnya 80 gerai Giant di seluruh Indonesia adalah akibat ditariknya saham yang berasal dari investor Hong Kong dari Hero Group,” kata Said.

Lebih lanjut , KSPI juga meminta Hero Group tetap mempekerjakan karyawan Giant di unit perusahaan lainnya, seperti Hero Supermaket, Guardian, dan IKEA yang ada di seluruh Indonesia.

“jika ada karyawan Giant yang tidak bisa disalurkan ke unit perusahaan lain milik Hero Group.maka perusahaan wajib membayar hak-hak karyawan ditambah kompensasi lainnya sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang telah disepakati sebelumnya,”jelasnya.

Apabila ada Karyawan yang tidak disalurkan ke perusahaan lain, KSPI meminta perusahaan tidak menggunakan perhitungan pesangon yang diatur dalam omnibus law UU Cipta Kerja,

“saat ini, KSPI meminta perusahaan memberikan waktu yang cukup kepada serikat pekerja dalam melakukan sosialisasi tentang rencana PHK tersebut. Perusahaan diminta tak tergesa-gesa dan memaksakan kehendak terhadap pekerja,”bebernya.

Sementara,Salah satu Karyawan Giant Mega Bekasi Hypermal Putri (nama samaran) saat dikonfirmasi Tvberita di Giant menyampaikan , sangat prihatain bahwa Seluruh Giant Supermarket akan tutup diakhir Juli mendatang. Pasalnya, dirinya yang sudah 6 tahun bekerja di Giant Bekasi teeancam akan kena PHK besar-besaran,

“saya masih menunggu keputusan dari PT.Hero Supermarket mbak, antara kena PHK atau nanti dipindah alihkan ke toko IKEA atau Guardian?” Ucapnya.

“Yang pastinya saat ini saya dan rekan-rekan karyawan di Giant Bekasi harap-harap cemas menanti keputusannya. Dan smoga saya masih bisa kerja trus diperpanjang. Karena ditengah pandemi snagat susah nyari pekerjaan lagi,”tururnya Putri dengan muka sedihnya (tim).

Artikel sebelumnyaDigunakan Sebagai Ruang Isolasi, Stadion PCB Bermanfaat Bagi Warga Bekasi
Artikel selanjutnyaHUT 75 Polisi Militer, Denpom Karawang Jemput Bola Bagikan Sembako