Beranda Regional Aktif Berikan Pelayanan dan Pemahaman Kesehatan Bagi Masyarakat

Aktif Berikan Pelayanan dan Pemahaman Kesehatan Bagi Masyarakat

CIANJUR, TVBERITA.CO.ID- Masih rendahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat Cianjur terhadap kesehatan, memotivasi Yuli Hendrika Sugiharti untuk mengabdi memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat di Tatar Santri.

Pengabdian yang dilakukan perempuan kelahiran 11 Juli 1990 itu, di antaranya dengan rutin memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat terutama di daerah-daerah yang memiliki akses ke fasilitas kesehatannya jauh.

Pelayanan kesehatan yang diberikan, alumni Akademi Kebidanan Cianjur angkatan 2012 itu dilakukan bersama beberapa rekannya yang juga peduli dengan persoalan kesehatan msyarakat di Cianjur.

“Tak hanya pelayanan kesehatan umum saja, kami juga aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Karena, masih banyak msyarakat yang salah dalam memperlakukan orang yang mengalami gangguan jiwa,” kata perempuan yang akrab disapa Yuli itu.

Yuli menyebutkan, secara rutin mengunjungi sejumlah desa di Kabupaten Cianjur untuk memberikan pelayanan dan pemahaman kesehatan kepada masyarakat. “Hampir setiap pekan, kami bersama rekan lainnya mengunjungi wilayah atau desa untuk pelayanan kesehatan,” ucap Yuli.

Dijelaskan Yuli, pemahaman dan kesadaran masyakat terhadap kesehatan, terutama kesehatan jiwa masih dinilai rendah. Sebab itu, masih banyak penderita gangguan jiwa yang salah dalam mendapatkan penanganan, bahkan di kucilkan oleh keluarga dan masyarakat.

“Kami mencoba merubah pola pikir masyarakat dalam menghadapi penderita gangguan jiwa. Bahkan, kami aktif mencarikan bapak angkat bagi para penderita gangguan jiwa agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang maksimal untuk proses penyembuhannya,” jelasnya.

Yuli mengharapkan, masyarakat Cianjur dapat lebih peduli dengan berbagai persoalan sosial, khususnya kesehatan. “Mari bersama memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat, sebab hal tersebut merupakan modal utama lagi kemajuan daerah,” harapnya. (*)