Beranda Headline Anak Nelayan di Karawang Bisa Kuliah Gratis di Poltek Kelautan dan Perikanan

Anak Nelayan di Karawang Bisa Kuliah Gratis di Poltek Kelautan dan Perikanan

Ilustrasi nelayan. Anak nelayan memiliki kesempatan untuk kuliah gratis di Poltek Perikanan dan Kelautan Karawang. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Kabar baik bagi warga Kabupaten Karawang. Anak nelayan atau pelaku usaha perikanan dan kelautan diberi peluang untuk mengikuti program kuliah kedinasan secara gratis.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang, Ade Sudiana menyampaikan, program ini dibuka karena minat masyarakat Karawang untuk melanjutkan pendidikan di sekolah dinas, sejauh ini masih kurang.

“Pendaftaran mahasiswa Poltek Kelautan dan Perikanan inginnya 40 persen orang Karawang. Tapi justru peminatnya dari masyarakat Karawang masih kurang,” ujarnya saat diwawancarai pada Senin, 19 Februari 2024.

Baca juga: Tiga Petugas KPPS Meninggal Usai Bertugas, KPU Karawang Siapkan Santunan

Kurangnya minat ini ia lihat dari jumlah pendaftaran sebelumnya, ada 16 pendaftar dari Kabupaten Karawang. Dengan jumlah yang terbilang belasan (sedikit), 4 orang pendaftar malah mengundurkan diri.

Menurut dia, kurangnya minat masyarakat untuk sekolah kedinasan Poltek Kelautan dan Perikanan disebabkan karena pendidikan yang berbasis semi militer. “Padahal gratis, mungkin karena pendidikannya semi militer,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya kini membuka peluang program kuliah gratis bagi anak pelaku perikanan dan kelautan di Kabupaten Karawang.