Beranda Regional Aplikasi di SMAN 2 Karawang Ini Bisa Deteksi Aktivitas Guru dan Siswa...

Aplikasi di SMAN 2 Karawang Ini Bisa Deteksi Aktivitas Guru dan Siswa di Sekolah

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Siswa dan siswi di SMA Negeri 2 Karawang, kini tidak bisa lagi bebas saat tengah berada di ruang kelas, selain fokus menangkap materi pelajaran yang diberikan oleh tenaga pengajar.

Apalagi, jika ada siswa atau siswi yang tidak hadir di ruang kelas (bolos) saat jam pelajaran sedang berlangsung. Pastinya, sekarang mereka akan ketahuan.

Apa pasal, sekolah ini sekarang sudah menerapkan alat pengawasan segala macam aktivitas yang terkait dengan proses kegiatan belajar dan mengajar secara online di ruang kelas.

“Bukan hanya para siswa yang bakal diawasi kegiataannya saat mereka berada di ruang kelas, tetapi tenaga pengajarnya dengan materi pembahasaannya juga sama mendapat pengawasan,” kata Kepala SMAN 2 Karawang, Suwandi, Senin (5/8/2019) pagi.

Sistim pengawasan menggunakan aplikasi ini, menurut Suwandi bertujuan guna memudahkan kinerja.

“Aplikasi pengawasan baru diluncurkan pada hari ini. Ternyata hasilnya efektif juga,” kata dia.

Suwandi menambahkan, sebelum menggunakan aplikasi, dia mengaku sangat kewalahan untuk mengawasi kegiatan belajar mengajar di masing-masing kelas.
Sementara, kelas yang ada di sekolah ini, jumlahnya 32 unit. Jika mengawasi seluruh kelas yang ada, maka diperlukan waktu selama satu jam lebih. Adanya aplikasi dapat membantu pengawasan,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, hasil rekap pengawasan tidak semua orang dapat mengetahui, selain pihaknya.

“Untuk mengetahui hasil rekap pengawasan tersebut, siswa dan guru harus mengisi kehadiran, kemudian hasilnya akan direkap. Laporan itu berawal laporan dari siswa di masing-masing kelas, apakah ada tidaknya siswa dan guru yang mengajar di kelas? Pasti dengan aplikasi ini akan ketahuan. Karena setiap kelas mereka akan di monitor kegiatannya, termasuk materi pelajaran yang diberikan oleh guru,” tegasnya. (cr2/dhi)

Komentar Facebook