Beranda Bekasi Aplikasi SAKTI Jadi Inovasi Baru dalam Pelayanan Administrasi Ketatausahaan

Aplikasi SAKTI Jadi Inovasi Baru dalam Pelayanan Administrasi Ketatausahaan

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Sebagaimana diketahui penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah untuk mempercepat terwujudnya integritas dalam pelayanan publik di masyrakat, kondisi pelayanan publik saat ini memiliki posisi yang harus strategis dan menjadi satu parameter kemajuan suatu daerah

Berdasarkan tugas pokok dan fungsinya, Sekretariat Daerah melaksanakan perumusan kebijakan, koordinasi Pemerintah baik organisasi dan administrasi umum yakni mendorong fungsi melayani masyarakat dengan sesuai Visi Kota Bekasi yang Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan.

“Dalam hal ini, Kapasitas tata kelola Pemerintahan yang baik merupakan suatu komponen penting, yakni pelayanan surat masuk, surat keluar dari kedinasan maupun masyarakat Kota Bekasi yang mengajukan,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Setda Pemerinrah Kota Bekasi, Fitry Widyati, S.STP, M.Si kepada Tvberita, Jumat (14/11/2019).

Oleh karena itu, setiap aktivitas yang berkaitan dengan persuratan harus dilakukan penyimpanan suatu arsip dan didokumentasikan dengan baik dan rapi. Pada saat ini, layanan persuratan digunakan dengan cara menginput dalam tabel sederhana menggunakan Microsoft Excel dan hanya berupa penyimpanan dokumen hardcopy.

“Yang masih menjadi kendala dalam penerapan mode tersebut, menjadikan manajemen surat masuk dan surat keluar di Bagian TU Setda Kota Bekasi tidak efisien dan efektif karena pencarian dokumen tersebut harus membuka terlebih dahulu data lama.

“Kita mesti mencari satu persatu dan juga kesulitan dalam hal laporan yang bisa menyebabkan hilangnya dokumen tersebut, serta status surat yang belum dapat dimonitor oleh pemohon surat,” jelasnya.

Dalam Pendidikan dan Kepemimpinan Tingkat III (DIKLATPIM III) Angkatan II di BPSDM, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melakukan sebuah inovasi layanan persuratan di lingkup Pemerintah Kota Bekasi, yakni Aplikasi Sistem Administrasi Ketatausahaan Terintegrasi Berbasis Teknologi Inforasi (SAKTI ).